Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Foto : Medcom/Suci.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Foto : Medcom/Suci.

Menteri ESDM Jamin Ketersediaan Pasokan BBM Elpiji hingga Avtur Selama Nataru Aman

Eko Nordiansyah • 25 Desember 2021 12:34
Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melakukan kunjungan kerja ke Fuel Terminal Padalarang, Jawa Barat, dalam rangka menjamin kehandalan pasokan dan memastikan penyaluran BBM, elpiji, dan avtur aman selama Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.
 
"Seluruh personil Pertamina siap menjalankan semua tugasnya, khususnya Pertamina Patra Niaga untuk terus melayani masyarakat agar bisa mendapatkan BBM dan LPG akhir tahun ini," kata Arifin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 25 Desember 2021.
 
Kunjungan Menteri ESDM Arifin Tasrif turut didampingi Sekjen KESDM Ego Syahrial, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana, Kepala BPH Migas Erika Retnowati, Direktur Hilir Migas Soerjaningsih, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, dan Executive GM Regional Jawa Bagian Barat Waljianto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri ESDM turut mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), dalam menjamin ketersediaan energi untuk masyarakat. Ia berterima kasih dan memberikan semangat untuk pekerja Pertamina yang bertugas selama Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.
 
Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, kehadiran Menteri ESDM di Fuel Terminal Padalarang turut menjadi penyemangat bagi pekerja di Pertamina Patra Niaga. Khususnya pekerja yang bertugas dalam tim Satuan Tugas (Satgas) Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).
 
Walaupun masih diberlakukan kebijakan PPKM, Satgas Nataru Pertamina Patra Niaga tetap berupaya secara optimal. Hal ini dilakukan melalui monitoring ketersediaan stok, mengantisipasi peningkatan kebutuhan BBM di jalur wisata, menyiagakan fasilitas dan layanan tambahan di titik-titik yang berpotensi padat, serta menjamin distribusi BBM dan elpiji untuk masyarakat aman.
 
"Secara nasional stok BBM, elpiji, dan avtur termonitor sangat baik. Kami juga turut mengantisipasi konsumsi BBM di lokasi yang banyak kegiatan selama Hari Raya Natal, maupun pada lokasi wisata. Selain itu kami juga menyediakan layanan tambahan yang beroperasi dengan maksimal. Sehingga masyarakat dapat menikmati liburan Natal dan Tahun Baru dengan tenang," jelas Alfian.
 
Alfian menjelaskan sebanyak 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), lebih dari 7.400 SPBU, serta seluruh rantai distribusi elpiji mulai dari Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) hingga agen dan pangkalan elpiji baik yang subsidi maupun non subsidi telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat.  
 
Pertamina Patra Niaga turut menyiagakan layanan dan fasilitas tambahan, yaitu sebanyak 1.077 SPBU Siaga dijalur reguler, 64 SPBU Siaga di jalur tol, 219 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 144 titik kantong BBM SPBU, 37 unit Pertashop atau SPBU modular, serta lebih dari 48 ribu agen dan pangkalan elpiji Siaga.
 
Selain itu, layanan di 68 DPPU juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan avtur bagi seluruh maskapai penerbangan. Selain kehandalan operasional, Pertamina Patra Niaga juga menyediakan layanan antigen untuk konsumen di 25 SPBU. Ia juga mengimbau masyarakat tidak melakukan pembelian secara berlebihan, karena pasokan energi tersedia dengan aman dan mencukupi.
 
"Agar masyarakat dapat menggunakan BBM dan elpiji sesuai peruntukannya. Terakhir, kami dari Pertamina Patra Niaga turut mengucapkan selamat merayakan sukacita bersama keluarga di Hari Natal, semoga perayaan dan ibadahnya dapat berjalan dengan khidmat," pungkas dia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif