Ilustrasi penerbangan internasional - - Foto: dok MI
Ilustrasi penerbangan internasional - - Foto: dok MI

Indonesia Bakal Buka Seluruh Penerbangan Internasional, Aturan Visa Juga Direlaksasi

Antara • 04 April 2022 17:51
Jakarta: Pemerintah akan membuka seluruh penerbangan internasional di Tanah Air serta merelaksasi aturan visa seiring dengan semakin terkendalinya pandemi covid-19.
 
Berdasarkan data Global Normalcy Index, saat ini Indonesia berada di angka 68 dari 100 negara yang masuk kondisi normal pandemi.
 
"Salah satu yang masih kita harus perbaiki adalah kapasitas penerbangan internasional yang masih jauh dari normal. Untuk itu, pemerintah akan melakukan langkah-langkah di antaranya membuka bandara internasional di antaranya Yogyakarta, Medan, Makassar dan Pekanbaru," kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Senin, 4 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan merelaksasi kebijakan visa, Luhut yakin jumlah penerbangan asing yang masuk tidak akan menumpuk di beberapa bandara saja.
 
"Aturan entry test pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) masuk Indonesia juga akan kami relaksasi, sehingga jumlah penerbangan yang masuk dapat meningkat tanpa menyebabkan penumpukan di bandara," terang dia.
 
Rincian mengenai rencana tersebut akan dibahas dan diputuskan, serta berlaku apabila surat edaran Satgas telah dikeluarkan. Koordinator PPKM Jawa-Bali itu menuturkan terkendalinya kasus Omicron menyebabkan pemulihan ekonomi mampu dijaga dengan baik.
 
Menurut Luhut, meski sempat menurun pemulihan ekonomi Indonesia dapat bangkit dengan cepat dan menunjukkan tren yang sangat positif sejak akhir Februari.Hal itu terlihat dari indeks belanja dari Mandiri Institute yang kembali meningkat di semua wilayah.
 
"Dengan semakin terkendalinya pandemi, pemerintah akan terus melakukan transisi, mengembalikan kehidupan dan aktivitas ekonomi masyarakat kembali mendekati tingkat yang normal," pungkas Luhut.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif