Pertamedika IHC membuka posko kesehatan di kawasan terdampak gempa Cianjur. Foto: Dok Pertamedika
Pertamedika IHC membuka posko kesehatan di kawasan terdampak gempa Cianjur. Foto: Dok Pertamedika

Sinergi BUMN, Pertamedika IHC Layani Kesehatan Korban Gempa Cianjur

Eko Nordiansyah • 25 November 2022 23:08
Jakarta: PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamedika IHC bersinergi dengan beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka posko kesehatan di kawasan terdampak gempa Cianjur. Sinergi BUMN ini tergabung dalam koordinasi Menteri BUMN Erick Thohir. 
 
Seluruh perusahaan BUMN saling mendukung kebutuhan BUMN lainnya seperti listrik, tenda dan fasilitas darurat, serta berbagi informasi antar posko atau membantu layanan masing-masing. Posko ini didirikan di lapangan bola Ciarma, Kecamatan Cugenang, Cianjur.
 
Corporate Secretary Pertamedika IHC Nerisa Pitrasari mengatakan, koordinasi dan sinergi antar pihak menjadi kunci untuk keberhasilan dalam kondisi darurat seperti saat ini. Termasuk koordinasi untuk seluruh layanan kesehatan yang diberikan oleh Pertamedika IHC.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan sinergi ini, kami bisa masuk ke wilayah yang lebih dalam dibantu ambulans dari BUMN lain, karena ambulans Rescue/Mini ICU Pertamedika IHC yang besar sulit menjangkau wilayah tersebut," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 25 November 2022.
 
Ia menambahkan, kondisi wilayah Kabupaten Cianjur pascagempa juga menjadi tantangan bagi ambulans. Tim medis seringkali harus meninggalkan kendaraannya, lalu dilanjutkan berjalan kaki mengunjungi rumah-rumah atau tenda warga untuk pemeriksaan kesehatan.
 
Baca juga: Mentan Bakal Terjun ke Areal Pertanian Terdampak Gempa Cianjur

 
Pertamedika IHC menurunkan tiga tim medis dengan total tenaga kesehatan sebanyak lima dokter gawat darurat dan management disaster, satu dokter spesialis emergency dan tujuh perawat, untuk berjalan menuju desa-desa sekitar Cugedang. Selain itu, satu tim tenaga medis bersiaga di Posko Kesehatan Lapangan Bola Ciarma. 
 
"Dalam dua hari terakhir, tim medis melayani 150 warga Cianjur dengan dua pasien diantaranya seorang bayi kami rujuk dengan ambulans IHC ke RSUD Cimacan karena mengalami demam tinggi, lemas, dan kekurangan gizi," ujar Nerisa.
 
Pertamedika IHC merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Perusahaan juga merupakan induk usaha rumah sakit BUMN yang saat ini menaungi 75 Rumah Sakit serta 143 klinik kesehatan di seluruh Indonesia.
 
(END)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif