Kemudahan pencairan Jaminan Hari Tua (JHT). Foto: Dok/Metro TV
Kemudahan pencairan Jaminan Hari Tua (JHT). Foto: Dok/Metro TV

Aturan Terbaru JHT Tidak Perlu Tunggu Sampai 56 Tahun

Ekonomi Tenaga Kerja ketenagakerjaan Ida Fauziyah
MetroTV • 30 April 2022 00:37
Jakarta: Aturan terkait Jaminan Hari Tua (JHT) akhirnya menemui titik terang. Pemerintah akhirnya mengeluarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 4 Tahun 2022 untuk menggantikan Permenaker Nomor 2 Tahun 2022. Aturan sebelumnya cukup kontroversial di kalangan masyarakat, sebab pencairan JHT dinilai memberatkan.
 
“Permenaker ini mengembalikan pengaturan terkait dengan klaim manfaat JHT sesuai dengan Permenaker Nomor 19 Tahun 2015,” kata Menaker RI Ida Fauziyah dalam tayangan Zona Bisnis di Metro TV, Jumat, 29 April 2022.
 
Ida memastikan peraturan terbaru lebih memudahkan pekerja untuk mencairkan dana JHT. Pekerja dapat mencairkan dana JHT apabila mengundurkan diri atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Dengan demikian, pekerja tidak perlu menunggu waktu pensiun pada usia 65 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terdapat kemudahan lainnya dalam mencairkan dana JHT, yaitu pembayaran JHT paling lama lima hari sejak persyaratan dinyatakan lengkap dan benar oleh BP Jamsostek. Selain itu, pekerja diperkenankan untuk mengajukan klaim manfaat JHT meskipun perusahaan menunggak iuran JHT. (Hana Nushratu)
 
 
 
(MBM)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif