Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA
Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA

Pertamina Siap Antisipasi Kebutuhan BBM saat Macet di Jalur Mudik

Ekonomi Pertamina BBM Stok BBM Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Eko Nordiansyah • 25 April 2022 14:32
Jakarta: PT Pertamina Patra Niaga memastikan telah menyiapkan berbagai skema antisipasi untuk memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) selama periode mudik Lebaran tahun ini. Bahkan, Pertamina sudah bersiap bila terjadi kemacetan di jalur mudik.
 
Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan Pertamina menyiapkan layanan pengantar BBM dengan menggunakan motor. Layanan motoris ini rencananya disiagakan di jalan tol trans Jawa maupun trans Sumatra.
 
"Kami siapkan motoris, motor-motor yang disiapkan mengantarkan BBM ke lokasi kemacetan atau mungkin ada mobil mogok di tol, itu kami persiapkan," kata dia, dalam video conference, Senin, 25 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk bisa menggunakan layanan ini, masyarakat hanya perlu menghubungi call center Pertamina 135. Pengendara nantinya akan diminta menginformasikan lokasi mereka berada, untuk kemudian layanan motoris segera datang ke tempat tujuan.
 
Pertamina menyiapkan sekitar 220 layanan motoris di jalan tol Jawa dan Sumatra. Selain itu, Pertamina juga menyebar sekitar 144 mobil tangki cadangan di beberapa SPBU, serta beberapa SPBU Modular yang disebar di 44 titik.
 
"Semuanya kami sudah antisipasi dengan baik, akan ada tambahan dari Pertamina seperti SPBU siaga 24 jam disiapkan di jalur mudik, tol, dan sebagainya. Untuk mengantisipasi kemacetan ada mobil tangki cadangan, kami berkoordinasi dengan kepolisian untuk antisipasi itu," ungkapnya.
 
Sementara itu, kondisi ketersediaan (stok) BBM untuk periode hari raya Idulfitri 1443 H/2022 M ini adalah normal. Pertamina memperkirakan terjadi kenaikan konsumsi BBM selama arus mudik dan balik tahun ini sekitar 30 persen dari biasanya.
 
Adapun stok BBM jenis pertalite saat ini masih mencukupi untuk 17 hari, BBM jenis pertamax masih tersedia untuk kebutuhan 32 hari, pertamax turbo untuk 59 hari, solar untuk 21 hari, dexlite 20 hari, pertamina dex 72 hari, serta avtur 37 hari.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif