Ilustrasi Peruri sebagai perusahaan percetakan uang kertas dan dokumen berharga di Indonesia - - Foto: MI/ Safir Makki
Ilustrasi Peruri sebagai perusahaan percetakan uang kertas dan dokumen berharga di Indonesia - - Foto: MI/ Safir Makki

Begini Cara Peruri untuk Akselerasi Transformasi Digital

Ekonomi peruri transformasi digital Transformasi Bisnis layanan digital Peruri Digital security
Eko Nordiansyah • 24 April 2022 16:36
Jakarta: Peruri sebagai perusahaan percetakan uang kertas dan dokumen berharga di Indonesia mulai beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi. Hal ini berdampak signifikan terhadap pola transaksi dan pengelolaan informasi pribadi. 
 
Sebagai bentuk adaptasi adanya perubahan lanskap bisnis, Peruri menginisiasi transformasi digital yang mengarah pada solusi teknologi informasi seperti e-KYC (Know Your Customer), Digital ID, e-Payment, Data Center, Service & IT Solution melalui anak perusahaan yaitu PT Peruri Digital Security (PDS).
 
"PDS sebagai anak perusahaan yang bergerak dalam bisnis bidang solusi teknologi informasi diberikan amanah sebagai distributor resmi bagi produk-produk digital Peruri. Diharapkan PDS dapat fokus untuk memperluas pangsa pasar di bidang penjaminan keamanan transaksi dan dokumen elektronik," kata Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi dalam keterangan di Jakarta, Minggu, 24 April 2022.
 
Dalam menjalankan bisnisnya, PDS memiliki keunggulan berupa fleksibilitas dalam mengintegrasikan solusi produk digital Peruri serta implementasi meterai elektronik. Selain itu, PDS memiliki potensi untuk terus mengembangkan produk digital Peruri dan membangun kapabilitas dalam bidang digital security.
 
Produk digital yang dikeluarkan oleh Peruri di antaranya Peruri Code (Peruri QR & Peruri Seal), Digital Certificate, Perisai (Digital Signature), Peruri Tera (Digital Seal), Keyla (Peruri Token) dan Peruri Box (Digital Locker). Dengan produk digital ini diharapkan dapat memudahkan kegiatan komunikasi dan transaksi digital sehingga menjadi lebih efisien dan praktis.
 
"Keamanan dokumen, surat-surat berharga, transaksi keuangan, serta ancaman cyber-crime adalah hal krusial yang harus dijaga agar terhindar dari upaya pemalsuan. Pengalaman, keahlian serta reputasi PDS dalam memberikan jaminan sekuriti dokumen elektronik sebagai modal berharga Peruri dalam mengembangkan bisnis digital sekuriti," ungkapnya.
 
Selain itu, sejak meterai elektronik diluncurkan oleh pemerintah tahun lalu, Peruri secara resmi ditunjuk untuk membuat meterai elektronik. Namun untuk pendistribusiannya, Peruri bekerja sama dengan pihak lain. PDS merupakan salah satu distributor resmi yang bekerja sama dengan Peruri. 
 
Dalam melakukan pendistribusian, pemasaran dan penjualan meterai elektronik, PDS membangun jaringan kemitraan bersama dengan para pengecer untuk memperluas channel distribusi. Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan meterai elektronik melalui titik penjualan yang disediakan oleh PDS selaku distributor resmi meterai elektronik pada portal meterai elektronik.
 
Saat ini PDS telah menunjuk tujuh mitra strategis dalam melakukan pendistribusian, pemasaran dan penjualan produk digital dan meterai elektronik kepada pengguna akhir antara lain PT Digital Logistik Internasional, PT Mahardika Teknotama Integrasi, PT MCP Indo Utama, PT Digital Prima Sejahtera, PT Solusi Nusantara Terpadu, PT Redphoenix Kreatif Genesis dan PT Citra Multi Solusindo.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif