Ilustrasi bus yang digunakan untuk mudik Lebaran - - Foto: MI/ Bary Fathahilah
Ilustrasi bus yang digunakan untuk mudik Lebaran - - Foto: MI/ Bary Fathahilah

14,3 Juta Warga Jabodetabek akan Mudik, Menhub Cek Kesiapan Armada Bus

Ekonomi bus Mudik Lebaran DKI Jakarta Kementerian Perhubungan Mudik Lebaran 2022
Insi Nantika Jelita • 18 April 2022 13:45
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi ke Terminal Tipe A Kampung Rambutan, Jakarta Timur untuk memastikan kelaikan armada bus yang beroperasi jelang masa mudik Lebaran 2022.
 
Berdasarkan hasil survei Balitbang Kemenhub, diperkirakan jumlah pemudik yang berangkat dari Jabodetabek sekitar 14,3 juta orang dan angka itu meningkat 45 persen dibandingkan mudik di 2019 sebelum pandemi.
 
"Saya minta armada bus sudah dilakukan ramp check dan pengemudinya juga sudah diperiksa kesehatannya," kata Menhub dalam keterangan resmi, Senin, 18 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara umum sektor darat dianggap menjadi titik krusial untuk ditangani dalam arus mudik Lebaran. Pasalnya, dari total prediksi 85,5 juta orang yang akan melakukan perjalanan pulang kampung.
 
Sebanyak 47 persen di antaranya akan menggunakan jalur darat baik itu kendaraan pribadi, seperti mobil dan sepeda motor maupun bus, berdasarkan survei Kemenhub. Dengan tingginya animo masyarakat untuk mudik, Menhub mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan lebih awal untuk menghindari kepadatan di hari puncak mudik.

 
"Lakukanlah perjalanan lebih awal sekitar 25-27 April 2022 dan menghindari berangkat di 28-29 April 2022 yang diprediksi menjadi puncak mudik," tuturnya.
 
Imbauan itu dilakukan agar pergerakan masyarakat lebih tersebar dan mengurangi kepadatan lalu lintas di satu ruas. Budi juga meminta masyarakat agar tidak melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor, karena diyakini akan membahayakan bagi keselamatan pemudik.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Syafrin Liputo menyebut, pihaknya telah menyiapkan tujuh Terminal di Jakarta pada masa mudik Lebaran 2022. Terminal tersebut ialah empat terminal utama (Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Kalideres, Tanjung Priok) dan tiga terminal tambahan (Lebak Bulus, Grogol, dan Muara Angke).
 
Sejak 5 April 2022 lalu telah melakukan ramp check terhadap armada bus, baik yang ada di terminal-terminal bus maupun yang ada di pool bus. Selain itu, juga telah dilakukan pemeriksaan terhadap kesehatan awak bus.
 
Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, Pemprov DKI Jakarta juga telah menyiapkan program mudik gratis, sebanyak 492 bus dan 31 truk untuk mengangkut sepeda motor. 

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif