Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo - - Foto: dok Kementan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo - - Foto: dok Kementan

Mentan Cek Gudang Pupuk Subsidi Milik BUMN

Ekonomi BUMN Kementerian Pertanian pupuk subsidi
Antara • 05 September 2020 19:00
Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyambangi gudang pupuk milik dua anak perusahaan BUMN PT Pupuk Indonesia (Persero). Hal tersebut guna memastikan ketersediaan stok pupuk bersubsidi jelang musim tanam kedua pada Oktober 2020.
 
"Saya sudah jalan di beberapa provinsi, dan hari ini saya ada di Jawa Barat. Ada dua gudang pupuk yang hari ini saya lihat, punya Pupuk Kujang dan punya Petrokimia Gresik. Pesan saya, kesiapan pupuk kita cukup baik," ujar Syahrul dikutip dari Antara, Sabtu, 5 September 2020.
 
Mentan mengungkapkan ketersediaan dan kelancaran distribusi pupuk perlu dipastikan demi menjaga produktivitas hasil pertanian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kalau kita kasih pupuk, harus bisa dijamin produktivitasnya naik. Bukan cuma bagi-bagi saja, tapi harus diyakinkan oleh Bapak Bupati Indramayu, kalau ditambah pupuknya segini, produktivitasnya akan naik," ungkapnya.
 
Dalam kesempatan itu, Direktur Utama Pupuk Kujang Maryadi menyampaikan bahwa stok pupuk urea bersubsidi yang tersedia di gudang Kabupaten Indramayu mencapai 7.340 ton.
 
Sementara realisasi penyaluran wilayah Indramayu untuk Urea mencapai 48.950 ton atau 101 persen dari ketentuan dinas pertanian sebesar 48.036 ton.
 
Selain pupuk urea, kesiapan stok Petroganik sebanyak 714 ton atau 1.758 persen dari ketentuan stok sebesar 40 ton.
 
"Stok pupuk tersebut kami siapkan di gudang untuk siap disalurkan kapanpun jika alokasi subsidi ditambah untuk petani, sehingga petani tidak perlu menunggu lama untuk mengaplikasikan pupuknya," kata Maryadi.
 
Sementara itu, stok pupuk urea bersubsidi wilayah Jawa Barat, Banten dan sebagian Jawa Tengah tercatat sebanyak 122.533 ton atau 1.147 persen dari ketentuan Distan sebesar 10.687 ton.
 
Hingga 30 Agustus 2020, pihaknya telah menyalurkan 104 persen persen pupuk subsidi kepada petani.
 
"Jumlah itu setara dengan sekitar 475.818 ton pupuk, dari ketentuan Distan sebesar 457.188 ton, dan Pupuk Kujang sudah menyalurkan sesuai alokasi dari pemerintah," paparnya.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif