Stasiun pengisi daya kendaraan listrik milik PLN - - Foto: Medcom/ Husen Miftahudin
Stasiun pengisi daya kendaraan listrik milik PLN - - Foto: Medcom/ Husen Miftahudin

Pandemi Covid-19, PLN Revisi Target Bangun SPKLU

Ekonomi PLN mobil listrik motor listrik splu
Suci Sedya Utami • 01 September 2020 14:12
Jakarta: Penyebaran pandemi covid-19 di Tanah Air memaksa PT PLN (Persero) menunda pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) 2020. Perusahaan pelat merah itu semestinya membangun sebanyak 168 unit SPKLU tahun ini.
 
"Dengan adanya pandemi kami akan segera merevisi proyek ini, khususnya proyeksi kebutuhan, seharusnya tahun ini akan ada SPKLU baru sebanyak 168 unit," kata President of Technology Development and Standardization PLN Zainal Arifin dalam webinar sosialisasi Permen ESDM 13/2020 dan pengenalan SPBKLU, Selasa, 1 September 2020.
 
Namun, Zainal tidak merinci target pembangunan SPKLU yang harus direvisi tersebut. Adapun target 168 SPKLU di tahun ini mengalami kenaikan 10 kali lipat dari jumlah yang telah dibangun di 2019 sebanyak 19 unit SPKLU.  
 
"Kita terbuka untuk bekerja sama dengan semua pihak dalam membangun SPKLU," imbuh dia.
 
PLN pun sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan 20 perusahaan terkait pengadaan SPKLU. Sebanyak 20 entitas itu ialah Gojek, Grab, Blue Bird, Transjakarta, Mobil Anak Bangsa, BYD, PT POS, Jasa Marga, Pertamina, Angkasa Pura, PT Jaya Ancol, BCA, Lippo Mall, Nissan,
BMW, DFSK, Mitsubishi, Prestige Image Motorcars, dan Gesits.
 
Di sisi lain, PLN memiliki kelebihan pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listrik. Hal ini dikarenakan PLN mengalami kelebihan beban (over capacity) dan disaat bersamaan mengalami penurunan permintaan sehingga PLN harus mencari segmen-segmen pasar baru.
 
"Dengan kondisi sekarang di mana ada over capacity yang lumayan besar di Jawa hampir 50 persen, kalau mobil (listrik) datang tahun ini satu juta pun PLN masih cukup (untuk memenuhi kebutuhan listriknya)," jelas Zainal.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif