Ilustrasi Livin' by Mandiri. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.
Ilustrasi Livin' by Mandiri. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.

Cara Menonaktifkan Autodebit Bank Mandiri via Livin by Mandiri dengan Mudah

Husen Miftahudin • 25 Juni 2024 13:11
Jakarta: Cara menonaktifkan autodebit Bank Mandiri via Livin by Mandiri dapat dilakukan dengan mudah. Selain tak perlu ke kantor cabang, menonaktifkan autodebit Bank Mandiri via Livin by Mandiri juga hanya memerlukan ponsel pintar (smartphone) yang sudah mengaktifkan layanan m-banking Mandiri atau Livin' by Mandiri.
 
Diketahui, transaksi autodebit merupakan metode pembayaran otomatis yang memungkinkan lembaga keuangan atau penyedia layanan untuk mengambil dana dari rekening bank secara otomatis pada tanggal jatuh tempo tertentu.
 
Dalam transaksi autodebit, Anda memberikan izin kepada pihak lain untuk mengakses rekening bank dan mendebit jumlah yang ditentukan dari saldo secara berkala. Contoh transaksi autodebit termasuk pembayaran tagihan bulanan, seperti pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, cicilan pinjaman, kredit pemilikan rumah (KPR), dan pembayaran terjadwal lainnya.
 
Meskipun banyak keuntungannya, transaksi autodebit juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya, nasabah menjadi kurang aktif dalam manajemen keuangan.
 
Hal itu terjadi karena semua serba otomatis, dan terkadang nasabah merasa yakin saja transaksinya berjalan lancar. Padahal, bisa saja ada gangguan dari bank yang kadang menghalangi pembayaran nasabah. Karena alasan inilah, tanpa sadar nasabah bisa membayar sesuatu yang belum tentu berguna lagi buat mereka.
 
Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara menonaktifkan autodebit Mandiri lewat aplikasi Livin by Mandiri.
 
Baca juga: Cara Beli Token Listrik di Aplikasi Livin' by Mandiri
 

Cara menonaktifkan autodebit via Livin by Mandiri

 
Berikut langkah langkah atau cara menonaktifkan autodebit Bank Mandiri secara online.
1. Buka aplikasi Livin' by Mandiri.
2. Masuk ke akun dengan username dan password.
3. Klik menu Bayar Pilih opsi Auto Debit.
4. Klik pengaturan Pembatalan Auto Debit.
5. Klik nama layanan atau produk yang aktif.
6. Pilih Batalkan.
7. Masukkan kode PIN Livin.
8. Notifikasi Autodebit Mandiri dinonaktifkan akan muncul.
 

Cara menonaktifkan Bank Mandiri lewat CS

 
Selain menonaktifkan autodebit via Livin by Mandiri, nasabah juga bisa menonaktifkan autodebit Bank Mandiri melalui layanan pelanggan atau customer service (CS).
 
Bank Mandiri sendiri telah menyediakan beberapa channel media sosial. Telegram bisa diakses dengan link https://telegram.me/bankmandiricare.
 
Selain itu, ada juga nomor telepon di nomor 14000 atau (021) 5299 7777. Anda perlu menyiapkan data untuk verifikasi sebagai nasabah Bank Mandiri seperti Nama Gadis Ibu Kandung beserta identitas pribadi.
 
Apabila Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, selalu berkonsultasi dengan bank atau pihak yang menyediakan layanan autodebit.
 
Itulah informasi tentang cara menonaktifkan autodebit Bank Mandiri melalui Livin' by Mandiri dan layanan pelanggan (CS). Semoga bermanfaat!
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan