UMKM. Foto : MI/Adam.
UMKM. Foto : MI/Adam.

Mendag Lutfi Jadi Jembatan UMKM Tembus Pasar Dunia

Ekonomi Reshuffle Kabinet Kementerian Perdagangan UMKM M.Lutfi
Husen Miftahudin • 23 Desember 2020 11:10
Jakarta: Ketua Nasional Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) untuk Jokowi-Ma'ruf, Eka Sastra mengapresiasi penunjukan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.
 
Menurut Eka, penunjukan Lutfi merupakan langkah maju untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Eka juga meyakini Lutfi adalah orang yang paling cocok menduduki posisi tersebut, apalagi Lutfi juga pernah berada di jabatan tersebut sebelumnya di periode pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.
 
"Latar belakang dan pengalamannya di bidang bisnis, organisasi, maupun pemerintahan membuat Lutfi adalah orang yang paling cocok duduk sebagai Menteri Perdagangan saat ini," kata Eka dalam keterangan resmi, Rabu, 23 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lutfi pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Menteri Perdagangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Lutfi pun juga pernah menjadi menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, dan terakhir sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.
 
Rekam jejak Muhammad Lutfi di organisasi juga menjadi alasan mengapa Eka sangat meyakini kompetensi Lutfi. Dalam hal ini, Lutfi pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Wakil Ketua Umum Kadin bidang UKM. Dengan segudang pengalaman ini, Lutfi diyakini akan bisa mendorong UMKM di Indonesia untuk naik kelas dan masuk ke pasar dunia.
 
"Pengalaman beliau bisa dijadikan sebagai jembatan bagi pelaku dan produk UMKM untuk masuk ke pasar dunia, ini kesempatan emas bagi Indonesia untuk mempercepat pemulihan ekonomi," ujar Eka.
 
Apalagi dengan kondisi ekonomi Indonesia yang tengah hantaman pandemi covid19, banyak pelaku usaha UMKM yang terkena dampaknya. Padahal sebelum pandemi melanda Indonesia, UMKM adalah penopang perekonomian nasional, dengan kontribusi terhadap PDB Indonesia mencapai 60 persen dan penyerapan tenaga kerja UMKM yang mencapai hampir 98 persen dari total penyerapan tenaga kerja.
 
Dengan tantangan yang besar di bidang ekonomi, maka penunjukan orang-orang yang punya latar belakang dan pengalaman di sektor ekonomi menjadi sangat penting. Apalagi di masa seperti ini, keputusan-keputusan penting terkait pembangunan ekonomi harus segera diambil.
 
"Kita harus bergerak cepat keluar dari masa resesi, tanpa orang yang kaya pengalaman, keputusan-keputusan yang cepat dan strategis akan sulit untuk diambil," ucap Eka.
 
Penunjukan orang yang memiliki segudang pengalaman di UMKM dan dunia internasional seperti Lutfi pun menjadi suatu keharusan untuk mempercepat pemulihan ekonomi.
 
"Akselerasi dalam pemulihan ekonomi nasional membutuhkan orang yang kompeten dan berpengalaman, kami sangat yakin Muhammad Lutfi adalah jawaban untuk perdagangan Indonesia," tegas Eka.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif