Ilustrasi produsen otomotif asal Amerika Serikat, Tesla Inc - - Foto: dok AFP
Ilustrasi produsen otomotif asal Amerika Serikat, Tesla Inc - - Foto: dok AFP

Founder Medco Tak Heran Tesla Pilih India Ketimbang RI

Ekonomi india mobil listrik tesla Kendaraan Listrik
Suci Sedya Utami • 09 Maret 2021 23:09
Jakarta: Pendiri Medco Group Arifin Panigoro tidak merasa heran produsen otomotif asal Amerika Serikat, Tesla Inc memilih India sebagai basis pengembangan produksi bisnisnya terutama kendaraan listrik.
 
Apalagi CEO Tesla Inc Elon Musk merupakan sosok yang pintar dan tidak hanya menjajal dunia otomotif, melainkan sudah merambah bisnis luar angkasa.
 
"Dia akan sangat cerdik memilih, jadi kalau dia banding India dan Indonesia ya milih India lah," kata Arifin dalam webinar future energy tech and innovation forum, Selasa, 9 Maret 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Arifin, India memiliki keunggulan dibandingkan Indonesia baik dari sisi jumlah penduduk maupun industri. "Harus diakui industrial di India rapi banget. Bandingkan harga obat saja di sana begitu efisien, sampai kadang-kadang kita enggak yakin," ujar dia.
 
Kendati demikian, Indonesia tidak perlu kecewa jika tidak berjodoh dengan Tesla dalam mengembangkan industri kendaraan berlistrik. Sebab, sebetulnya yang diinginkan Indonesia bukan hanya memproduksi kendaraan listrik tapi membangun ekosistem kendaraan listrik,
 
"Yang bisa bicara tentang electrical vehicle (EV) bukan hanya Elon Musk," jelas Arifin.
 
Sebelumnya, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pihaknya menawarkan enam sektor kerja sama investasi pada Tesla antara lain mobil, starlink, launching pad, hypersonic, baterai lithium, dan stabilizer energy.  
 
Ia bahkan tidak pernah spesifik mengatakan Tesla akan membangun pabrik mobil listrik di Indonesia. "Sampai saat ini kami masih bicara. Kita tidak pernah berbicara (khusus terkait) pabrik mobil," ucap Luhut.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif