Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Rhobi Sani
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Rhobi Sani

Dibandingkan Moda Lain, Transportasi Laut Dinilai Masih Beruntung Tahun Ini

Ekonomi transportasi laut asdp pandemi covid-19
Annisa ayu artanti • 14 Desember 2020 18:56
Jakarta: Direktur Utama PT ASDP (Persero) Ira Puspadewi menilai moda transportasi laut masih lebih beruntung dibandingkan dengan transportasi lainnya.
 
Dia mengatakan pandemi covid-19 yang terjadi di tahun ini telah berimbas ke semua sektor, termasuk pariwisata yang kemudian berdampak langsung pada industri transportasi. Semua orang melakukan pembatasan mobilitas untuk mengurangi penularan virus covid-19.
 
"Tapi kami sampaikan di antara banyak moda transportasi yang lain di Indonesia, kami masih bersyukur, kita dalam keadaan jauh lebih baik dibandingkan perusahaan transportasi lain," kata Ira dalam paparannya, Senin, 14 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ira mengungkapkan kondisi keuangan perusahaan masih dalam kondisi cukup baik. Hal itu disampaikan lantaran meski tidak mencatatkan pendapatan, ASDP dipastikan masih dapat bertahan selama delapan bulan ke depan.
 
"InsyaAllah kalau pun kita tidak mendapatkan pendapatan atau pendapatan nol, ASDP masih bisa hidup sekitar delapan bulan lagi," ucapnya.
 
Ira pun menegaskan saat ini ASDP masih mencatatkan pendapatan meski capaiannya mengalami penurunan dari tahun lalu. Ia juga memproyeksikan masih mencatat laba meski harus turun 40 persen dari capaian tahun lalu yang sebesar Rp318 miliar.
 
"Bandingkan dengan moda transportasi lain, di masa pandemi ini bisa untung itu keajaiban. Kita InsyaAllah masih bisa membukukan laba," ungkapnya.
 
Adapun penyumbang laba tersebut berasal dari pendapatan logistik yang tidak mengalami penurunan drastis dibandingkan pendapatan dari kendaraan dan penumpang.
 
Selama pandemi, Ira menambahkan ASDP telah melakukan tiga hal untuk menjaga keuangan stabil, yaitu tetap melakukan prioritas pada investasi meskipun jumlahnya dikurangi. Selain itu, ASDP juga fokus pada investasi yang langsung menghasilkan dengan cepat, kemudian melakukan efisiensi di segala bidang. Selain itu, juga ada beberapa inovasi bisnis.
 
"Jadi Insyaallah kita forecast, kita bisa membukukan laba di 2020," pungkasnya.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif