Ilustrasi tambang freeport. Foto: MI/Agus
Ilustrasi tambang freeport. Foto: MI/Agus

Mind ID Tunggu Surat Resmi Alihkan 10% Saham Freeport ke BUMD Papua

Annisa ayu artanti • 31 Maret 2021 13:11
Jakarta: Holding tambang MIND ID atau Inalum masih menunggu surat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk mengalihkan hak partisipasi (Participating Interest/PI) atau kepemilikan saham PT Freeport Indonesia (PTFI) pascadivestasi pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).
 
Pemprov Papua dan Pemkab Mimika telah membentuk BUMD dengan nama PT Papua Divestasi Mandiri untuk mengambil kepemilikan saham 10 persen ini. Kepemilikan saham Pemprov Papua dan Pemkab Mimika di BUMD tersebut masing-masing sebesar 30 persen dan 70 persen.
 
"Saat ini MIND ID menunggu surat Pemprov dan Pemkab untuk menyebutkan nama yang mewakili. Kita tahu namanya PT Papua Divestasi Mandiri, namun secara resmi belum disampaikan," kata Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta, Rabu, 31 Maret 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Orias mengatakan setelah itu, pihaknya akan menyiapkan akta notaris untuk mengalihkan kepemilikan saham tersebut. Orias mengatakan pihaknya telah melakukan pertemuan-pertemuan dengan Pemprov Papua dan Pemkab Mimika.
 
Dalam kesempatan yang sama, Kabiro Hukum Setda Pemprov Papua Y Derek Hegemur mengatakan, rancangan akta notaris telah diproses dan diharapkan akan bisa ditandatangani dalam waktu dekat ini.
 
Selain itu, kepengurusan BUMD Papua Divestasi Mandiri juga telah terbentuk dengan menempatkan Noak Kapisa sebagai Direktur Utama. Kemudian ada Direktur Bisnis dan Keuangan serta Direktur Umum dan SDM, serta memiliki Komisaris Utama dan dua Komisaris.
 
"Setelah pertemuan ini (RDP) di awal April sudah bisa ditandatangani akta notarisnya. Kamis serius sudah sampai tahapan sedemikian rupa," jelas Derek.
 
Porsi kepemilikan saham PTFI saat ini 26,6 persen dimiliki oleh MIND ID, kemudian PT Indonesia Papua Metal dan Mineral (IPMM) sebesar 25 persen, dan Freeport McMoran sebesar 48,8 persen. PT IPMM dimiliki oleh MIND ID 15 persen dan Pemda Papua 10 persen. Setelah transaksi pengalihan ke BUMD nantinya saham PT IPMM akan bertambah menjadi 40 persen.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif