Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi mengatakan Ramadan tahun ini RNI melakukan terobosan dengan meluncurkan produk paket sembako yang terjangkau bagi masyarakat. Selain untuk meningkatkan penjualan, program ini merupakan bagian dari upaya RNI dalam menyediakan kebutuhan pokok yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat.
Menurut Arief, program ini merupakan bagian dari upaya RNI melakukan pemerataan dan memastikan ketersediaan pangan sejumlah komoditas utama seperti gula, minyak, beras dan produk pangan lainnya. Hal ini guna mendukung program pemerintah dalam peningkatan ketahanan pangan nasional.
Ia bilang penjualan paket sembako dilakukan secara online serta offline dengan konsumen terdiri dari BUMN, institusi, dan perorangan yang tersebar di sejumlah kota besar di wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.
“Dari total penjualan Rp10,6 miliar, pangsa pasar institusi atau korporasi menyerap penjualan mencapai Rp8 miliar sementara perorangan atau ritel mencapai Rp2,6 miliar,” kata Arief dalam keterangan resmi, Jumat, 7 Mei 2021.
Arief mengatakan, sembako yang dijual untuk memenuhi kebutuhan pangan selama ramadhan ini tersedia dalam berbagi paket dari paket standar, paket custom, hingga penyediaan paket beras untuk kebutuhan zakat Hari Raya Idulfitri 2021.
Paket sembako IV yang terdiri dari beras premium lima kilogram (kg), gula kemasan satu kg, minyak goreng dua liter, kopi 156 gr, kue kaleng 300 gr, dan sirup 460 ml menjadi pilihan favorit yang banyak diminati konsumen dengan penjualan sebanyak 11.007 paket.
Sementara untuk varian paket sembako I yang terdiri dari beras, minyak, dan gula terjual 3.254 paket. Paket sembako II terdiri dari beras, gula, minyak goreng, teh hijau dan tepung terigu terjual 762 paket. Paket sembako III terdiri dari beras, gula, minyak goreng, teh hijau, tepung terigu, sirup, dan susu terjual 1.040 paket. Paket custom terjual 5.244 paket, dan paket beras zakat terjual 1.266 paket.
"Terdapat peningkatan penjualan sembako yang signifikan selama bulan Ramadan tahun ini," ungkap Arief.
Arief menambahkan, pencapaian penjualan produk sembako pangan selama ramadhan tahun ini tidak terlepas dari kontribusi RNI dalam mendukung kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), di antaranya pemberian sembako kepada petugas keamanan, kebersihan, panti jompo, Yayasan Yatim Piatu, Pondok Pesantren yang digelar korporasi dan institusi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News