CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib. Foto: Dok Pribadi
CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib. Foto: Dok Pribadi

Pariwisata Paling Terpukul Pandemi, MGN Summit Berupaya Cari Solusinya

Ekonomi Virus Korona Media Group pandemi covid-19 Konvergensi MGN Media Group News Summit Indonesia 2021
Wandi Yusuf • 21 Januari 2021 10:59
Jakarta: Tak bisa dimungkiri, pariwisata merupakan sektor yang paling terpukul di tengah pandemi covid-19. Sudah tak terhitung informasi yang menyebutkan bahwa hotel tutup, tempat hiburan kelabakan, hingga karyawannya harus dipecat.
 
Untuk itu, diperlukan kebijakan yang konkret dan bersifat jangka panjang. Kejadian seperti pandemi ini pasti datang berulang. Karena itu, butuh kebijakan yang bisa diterapkan di segala macam persoalan.
 
"Bencana (pandemi) seperti ini repetition, berulang. Untuk solusinya diperlukan kebijakan yang konkret dan jangka panjang," kata CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib, dalam wawancara Newsmaker Medcom.id, baru-baru ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mirdal memberi gambaran bagaimana Bali berpengalaman melakukan recovery setelah kejadian memilukan macam Bom Bali atau erupsi gunung. Masyarakat Bali memiliki daya tahan yang luar biasa keluar dari bencana.
 
"Tapi, tak cuma itu. Dibutuhkan affirmative grand strategy bagaimana mengembangkan pariwisata secara umum. Semisal, bagaimana 10 destinasi prioritas yang telah dicanangkan pemerintah bisa menjadi pull factor menarik wisatawan," kata dia.
 
Maka dari itu, lanjut Mirdal, Media Group News menggagas pertemuan yang diberi label Media Group News Summit: Indonesia 2021 (MGN Summit). Persoalan pariwisata ini menjadi salah satu yang akan dibahas bersama tiga persoalan lainnya, yakni pemulihan ekonomi (economic recovery), kesehatan masyarakat (public health), dan energi hijau (energy go green).
 
Baca: MGN Summit Indonesia 2021: Rekomendasi Wisata Indonesia Mulai dari Gunung Sampai Laut
 
MGN Summit merupakan hybrid event yang berupaya menemukan solusi di tengah pandemi. Acara yang mengambil tema "Solusi Maju Bersama' ini menggabungkan konsep off air dan on air yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, hingga para ahli. 
 
Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari News Research Centre (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei akan menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit. 
 
Empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi (economic recovery), kesehatan masyarakat (public health), energi hijau (energy go green), dan pariwisata (tourism). Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang baru covid-19.
 
(UWA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif