Ilustrasi UMKM. Foto: MI/Palce Amalo
Ilustrasi UMKM. Foto: MI/Palce Amalo

Cara Ini Bisa Dilakukan UMKM untuk Jangkau Pasar Global

Annisa ayu artanti • 25 September 2024 16:36
Jakarta: Menjadi UMKM binaan perusahaan BUMN bisa menjadi jalan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Tak hanya dalam negeri, dengan bergabung dalam UMKM binaan perusahaan pelat merah biasanya dapat meraih pasar ekspor yang lebih luas.
 
Sebanyak 13 UMKM binaan PT Pertamina (Persero) contohnya, mereka bisa mengikuti The 21st China ASEAN Expo 2024 (CAEXPO 2024), sebuah ajang yang diikuti oleh 10 negara ASEAN dan Tiongkok.
 
Keikutsertaan para UMKM di Nanning International Convention and Exhibition Centre (NICEC) Naning Guangxi, China itu bisa menjadi langkah strategis untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM binaan di pasar internasional.

Dua di antara 13 produk unggulan yang ikut serta di antaranya adalah Mutiara Gitbay dan D'etnick Istana Mutiara. Kedua UMKM itu memamerkan perhiasan hasil perpaduan dari mutiara, emas, dan perak. Mereka menjajakan perhiasan etnik dengan desain dan kreasi budaya lokal.
 
Keindahan mutiara yang terselip dalam setiap koleksi cincin, kalung, dan giwang yang dibuat secara handmade membuat produk yang dihasilkan UMKM ini selalu sukses mencuri perhatian para konsumen, termasuk konsumen global.
 
Baca juga: Ikut Expo Cara Ampuh Lariskan Dagangan UMKM

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Mardyana Listyowati, mengaku bangga dengan upaya yang telah dilakukan oleh Pertamina terhadap UMKM binaan.
 
Dia berharap Pertamina tetap melibatkan UMKM dan terus mendorong UMKM binaan menjadi garda terdepan bagi perdagangan Indonesia, khususnya di bidang ekspor.

Mendorong UMKM menjadi eksportir

Pertamina juga diminta untuk tidak hanya membina UMKM yang sudah ada, tetapi turut membina UMKM baru dan mendorong mereka menjadi eksportir yang lebih baik lagi.
 
"Saya apresiasi Pertamina karena mendorong UMKM-nya untuk menjadi eksportir yang berdaya saing di luar negeri sehingga turut mendorong peningkatan ekonomi nasional," ujar dia dikutip dari keterangan tertulis, Selasa, 25 September 2024.
 
Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyampaikan apresiasinya atas inovasi dan kreativitas yang ditunjukkan oleh para UMKM.
 
Menurutnya, dengan berinovasi, produk lokal UMKM binaan Pertamina semakin memantapkan posisinya di pasar luar negeri.
 
“Selain mengikuti pameran ritel, UMKM binaan Pertamina juga mengikuti kegiatan Business Matching yang merupakan proses Business-to-Business (B2B) yang dapat membuka peluang kerjasama baru dengan para pelaku usaha dari China dan negara-negara ASEAN lainnya," jelas Fadjar.
 
"Ini bukti nyata bahwa produk lokal Indonesia bisa bersaing di dunia global dan ikut berkontribusi untuk ekonomi nasional,” ungkap Fadjar.
 
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan