Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Rencana Pengembangan Pariwisata Sandiaga Dinilai Sesuai Jalur

Ekonomi Sandiaga Uno Menparekraf
Anggi Tondi Martaon • 06 Januari 2021 20:09
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno fokus mengembangkan industri pariwisata pada 2021. Rencana tersebut dinilai sudah sesuai jalur dan perlu didukung.
 
"Beliau ini gerak cepat, tentu kami siap mendukung dan berkolaborasi untuk membangkitkan kembali pariwisata nasional," kata Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Didien Junaedi, melalui keterangan tertulis, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Menurut dia, dukungan pihaknya wajib diberikan. Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, tepatnya pada pasal 50 yang menjadi dasar pembentukan GIPI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Sandiaga Uno Berencana Kembangkan Wisata Kemanusiaan
 
Didien bersama Wakil Ketua Umum GIPI Michael Umbas, Dewan Pakar Hiramsyah Thaib, Hermawan Kertajaya, dan Sekjen GIPI Nunung Rusmiati telah bertemu Sandiaga. Pertemuan dilakukan di gedung Kementerian Parekraf pada Selasa, 5 Januari 2021.
 
Didien menyebut banyak ide baru yang disampaikan Sandiaga. Politikus Gerindra itu berjanji berkolaborasi dan bekerja sama aktif dengan GIPI.
 
"Nah ini yang sudah lama kami harapkan," kata Didien.
 
Di sisi lain, Waketum GIPI Michael Umbas memuji komitmen Sandiaga fokus pada wisatawan lokal. Sebab, ada 34 juta warga Indonesia yang bergantung pada sektor pariwisata.
 
Umbas juga menyebut ada tiga langkah Sandiaga yang patut mendapat perhatian. Ketiganya adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.
 
“Kami juga usulkan agar ada pilot project dalam jangka pendek terkait destinasi yang benar-benar siap dan menjamin penerapan protokol covid-19 dan terintegrasi dengan platform booking engine dan aplikasi mobile," kata Michael. 
 
Dewan Pakar GIPI Hermawan Kertajaya mengatakan pihaknya menitipkan visi besar untuk pariwisata. Visi tersebut memuat program jangka panjang di sektor pariwisata hingga 2030.
 
"Bagaimana tahapan pariwisata kita hingga 2030 dari relief, recovery, reform, dan rise. Kami optimistis Pak Sandiaga mampu bangkitkan lagi pariwisata kita," ujar dia.
 
Adapun Dewan Pakar GIPI Hiramsyah Thaib memaparkan pentingnya destinasi prioritas sebagai visi jangka panjang. Sehingga bisa menjadi pariwisata bisa pemimpin di sektor ekonomi.
 
”Destinasi ini harus tetap dipersiapkan dan sudah jadi komitmen Presiden Joko Widodo. Pak Sandiaga pun sudah cepat merespons dengan mengunjungi Toba, dan nanti Labuan Bajo, dan destinasi lainnya,” ujar Hiramsyah.
 
(ADN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif