Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2021 Bidang Kesehatan Rahmad Maulizar (kanan bawah), aktris film Jessica Mila (kiri bawah), Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus juri SATU Indonesia Awards ke-13 tahun 2022 Prof Nila Moeloek (k
Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2021 Bidang Kesehatan Rahmad Maulizar (kanan bawah), aktris film Jessica Mila (kiri bawah), Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus juri SATU Indonesia Awards ke-13 tahun 2022 Prof Nila Moeloek (k

Tebarkan Senyum Sehat Lewat 13th SATU Indonesia Awards 2022

Ekonomi jessica mila Inspirasi Usaha Astra Indonesia SATU Indonesia Awards
Rosa Anggreati • 19 April 2022 17:42
Jakarta: Pengalaman adalah guru terbaik. Ungkapan tersebut melatari kisah perjuangan penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2021 bidang kesehatan Rahmad Maulizar, dan pekerja seni serta aktris film Jessica Mila. Keduanya merupakan sosok anak muda yang berhasil belajar dari pengalaman masa lalunya dan memutuskan untuk bergerak maju membuat perubahan bagi sekitarnya.
 
Melalui acara Inspiranation with 13th SATU Indonesia Awards 2022 bertema “Sehat Bersama, Melalui Inovasi Karya Anak Muda” yang dibawakan oleh host Tarra Budiman secara virtual, pada 15 April 2022, Rahmad berbagi cerita tentang perjalanannya dalam memberikan senyum untuk anak penderita sumbing di kampung halamannya.
 
Dahulu, Rahmad merupakan penderita bibir sumbing selama 18 tahun yang berhasil menjalani operasi gratis pada tahun 2011. Setelah merasakan senyuman sempurna yang menghasilkan harapan hidup baru baginya, ia kemudian mendedikasikan dirinya untuk membantu memberikan kesempatan kepada setiap anak penderita bibir sumbing agar dapat tersenyum kembali lewat operasi gratis di Rumah Sakit Malahayati Banda Aceh dari Smile Train Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Setelah saya merasakan sempurnanya senyum saya, akhirnya saya ingin turut menyebarkan kebaikan yang sama bagi penderita bibir sumbing dan langit-langit mulut di Aceh,” tutur Rahmad menjelaskan tujuan hidupnya saat ini.
 
Selain Rahmad, pekerja seni Jessica Mila juga berbagi kisahnya dalam mendukung anak- anak pejuang kanker lewat kampanye #AnakKankerBisaSembuh. Berawal dari kisah adik sepupunya yang mendapatkan pengobatan kurang maksimal saat menderita kanker kelenjar getah bening, ia terpanggil untuk terlibat secara aktif dalam mendukung anak-anak pejuang kanker agar mendapatkan perhatian dan bantuan yang dibutuhkan.
 
Hadir juga sebagai pembicara adalah Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus juri SATU Indonesia Awards ke-13 tahun 2022 Prof. Nila Moeloek yang turut berharap agar generasi muda Indonesia dapat terus membuat karya inovatif yang bermanfaat serta dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan sebagai modal dasar dari sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.
 
“Mari manfaatkan timing ini untuk menimbulkan banyak ide yang bisa kita gunakan untuk kebaikan. Kita bersama, kita menjadi kuat, dan SDM kita berkualitas dimulai dari kesehatan,” ujar Prof. Nila Moeloek.
 
Tebarkan Senyum Sehat Lewat 13th SATU Indonesia Awards 2022
Penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2021 bidang kesehatan Rahmad Maulizar (Foto:Dok.Astra)


Antar Ribuan Anak Dapatkan Senyuman dan Harapan Baru


Bertugas mencari dan memberikan pendampingan bagi penderita bibir sumbing dan langit- langit mulut yang tidak tertangani, Rahmad Maulizar adalah pekerja sosial Pemberi Senyum
dan Harapan Hidup Baru Anak-Anak Sumbing di Aceh.
 
Dengan penuh semangat ia berkeliling ke penjuru desa di Provinsi Aceh dengan mengendarai minibus untuk mencari sebanyak mungkin anak-anak kurang beruntung yang mengalami penderitaan yang ia alami dulu. Tanpa kenal lelah ia mengajak pasien dan keluarganya untuk datang ke rumah sakit agar bisa mendapatkan pelayanan operasi bibir sumbing gratis dari Smile Train Indonesia.
 
Kegigihan pria kelahiran 1993 ini pun membuahkan hasil, sampai dengan pertengahan 2019, Rahmad telah membantu lebih dari 3.200 pasien bibir sumbing dan langit-langit mulut mendapatkan pelayanan gratis yang mengubah hidup mereka. Berdasarkan catatan Smile Train Indonesia, setiap bulan rata-rata ada 40 pasien di operasi melalui tangan Dr. M. Jailani, SpBP-RE (K), dokter ahli bedah plastik yang menjadi mitra di Provinsi Aceh. Jumlah penerima manfaat tersebut naik secara signifikan setelah Rahmad bergabung menjadi sukarelawan di Smile Train Indonesia.
 
Sebagai salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards di bidang kesehatan, Rahmad bertekad untuk dapat mengantarkan lebih banyak lagi senyum kepada anak penderita bibir sumbing di Aceh. Ia pun meyakini bahwa membantu orang lain yang membutuhkan merupakan suatu kewajiban yang bisa membuat dirinya bahagia.
 
Pada tahun ini, SATU Indonesia Awards kembali menjaring anak muda di seluruh penjuru Indonesia yang tak kenal lelah memberikan manfaat bagi sekitarnya. Apresiasi diberikan kepada lima anak bangsa atas setiap perjuangan di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Teknologi serta satu kategori kelompok yang mewakili kelima bidang tersebut.
 
Penerima apresiasi tingkat nasional akan mendapatkan dana bantuan kegiatan sebesar Rp65 juta serta pembinaan kegiatan. Selain itu, Astra juga memberikan apresiasi di tingkat provinsi.
 
(ROS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif