Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Foto : Medcom.id.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Foto : Medcom.id.

Bahlil Pede Realisasi Investasi RI 'Kebal' dari Perang Rusia-Ukraina

Ekonomi ukraina investasi BKPM ekonomi rusia Rusia-Ukraina Bahlil Lahadalia
Eko Nordiansyah • 27 April 2022 13:16
Jakarta: Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meyakini, dampak perang Rusia dan Ukraina tidak akan memberikan dampak langsung terhadap realisasi investasi di Indonesia.
 
Bahlil mengatakan Rusia dan Ukraina bukan menjadi negara utama karena tidak menempati urutan 10 besar negara dengan realisasi investasi di Indonesia. Bahkan di kuartal I-2022, Rusia tercatat hanya menempati urutan ke-29 dengan investasi USD4,8 juta.
 
"Dalam konteks investasi saya punya keyakinan kita tidak akan terpengaruh besar karena mereka tidak termasuk dalam negara 10 besar penyumbang investasi di negara kita," kata dia dalam video conference, Rabu, 27 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengakui sejauh ini dampak konflik antara Rusia dan Ukraina ini telah memberikan efek terhadap perekonomian global. Namun dampaknya berupa kenaikan harga komoditas energi dan pangan, serta lonjakan inflasi di beberapa negara.
 
"Dampak perang antara Ukraina dan Rusia secara ekonomi global itu betul-betul berdampak. Kenapa? Karena untuk energi, oil and gas, kontribusi Rusia dan Ukraina hampir 30 persen dunia, termasuk kita mengimpor bahan baku gandum untuk mi," ungkapnya.
 
Meski begitu, Bahlil menyebut, ada peluang yang bisa ditangkap dari perang antara kedua negara ini untuk mendorong realisasi investasi di Indonesia. Terlebih hingga kuartal I 2022, realisasi investasi tercatat mencapai Rp282,4 triliun atau tumbuh 28,5 persen (yoy).
 
"Kita punya strategi, ada caranya juga. Jadi dalam dunia usaha itu setiap ada kondisi yang rumit disitu ada peluang, ini tinggal kecerdikan kita dalam memainkan. Tetapi mudah-mudahan perang Ukraina dan Rusia bisa segera berakhir," pungkas dia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif