Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id

Erick Thohir Komitmen Buat Program yang Mampu Membuka Lapangan Kerja

Nia Deviyana • 22 Januari 2022 17:47
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan komitmennya dalam melahirkan program yang mampu membuka lapangan pekerjaan.
 
Dia mencontohkan, salah satu program yang berhasil menciptakan lapangan kerja yaitu Pertashop dengan menyasar masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda).
 
"Penciptaan lapangan kerja tidak dilakukan dengan ‘menggemukkan’ BUMN. Melainkan lewat program yang membuka lapangan kerja untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujar Erick Thohir melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 22 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait Pertashop, Erick bilang dirinya mendorong agar program ini bisa mencapai hingga 10 ribu outlet. Tak hanya itu, Pertashop juga bermitra dengan 2.000 pesantren di seluruh Indonesia sebagai bentuk dorongan kemandirian ekonomi pesantren.
 
"Sekarang alhamdulillah sudah 2.400 Pertashop. Kalau satu Pertashop membuka empat lapangan kerja, berarti sudah 40 ribu tercipta lapangan pekerjaan," sambungnya.
 
Selain Pertashop, Erick juga memberikan contoh lain terkait bagaimana sebuah program bisa membuka lapangan pekerjaan. Misalnya program PNM-Mekaar yang menyasar ibu rumah tangga untuk berwirausaha.
 
"Kalau ada 5,2 juta nasabah baru, masing-masing ibu-ibu itu membuka satu usaha dan punya satu karyawan, berarti ada 5,2 juta lagi (tambahan lapangan kerja," kata Erick.
 
PNM-Mekaar, jelas Erick Thohir, merupakan layanan permodalan berbasis kelompok yang diperuntukan bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro, baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha. Nasabah aktif PNM Mekaar saat ini telah menyentuh 11,1 juta pada akhir 2021.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif