Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.

Bio Farma: Vaksin Booster Jadi Perlindungan Utama selama Mudik Lebaran

Ekonomi Bio Farma Vaksin Booster Lebaran 2022 Tes Covid-19 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Husen Miftahudin • 01 Mei 2022 13:04
Jakarta: PT Bio Farma (Persero) menyampaikan aturan perjalanan domestik dalam rangka arus mudik Lebaran 2022 menuntut masyarakat agar segera melakukan vaksinasi dosis penguat atau booster, jika ingin dikecualikan dari persyaratan tes covid-19.
 
"Persyaratan ini bukan untuk membatasi ruang gerak para pemudik, namun untuk melindungi para pemudik di kampung halamannya," ungkap perwakilan Bio Farma Erwin Setiawan, dalam keterangan tertulis, Minggu, 1 Mei 2022.
 
Berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, sampai dengan 27 April 2022, jumlah masyarakat Indonesia yang sudah mendapatkan vaksin booster mencapai 36.061.373 juta jiwa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Program vaksinasi booster ini diberikan kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua dengan jangka waktu minimal tiga bulan dan maksimal enam bulan," paparnya.
 
Secara alamiah, terang Erwin, kadar antibodi penerima vaksin akan menurun seiring berjalannya waktu, namun ada peran sel memori untuk kekebalan jangka panjang. Oleh karena itu, ia menegaskan perlunya vaksin booster sebagai protokol utama dalam untuk melindungi tubuh.
 
"Hasil studi menunjukkan terjadi penurunan antibodi setelah enam bulan mendapatkan vaksin primer. Kadar antibodi akan naik signifikan setelah mendapatkan vaksin booster," ucap dia.
 
Erwin bilang, booster penting untuk meningkatkan imun tubuh. Selain itu, dirinya juga menjelaskan, setelah mendapatkan dosis vaksin ke-2, dalam jangka waktu kurang lebih enam bulan pasti akan turun efektivitasnya.
 
"Dengan mendapatkan vaksin booster, seseorang bisa memperpanjang masa perlindungan terhadap virus covid-19 dan juga meningkatkan kekebalan imun tubuh," lanjutnya.
 
Sementara dokter umum RS Firdaus, Jakarta Utara, Hasanah mengingatkan kepada calon pemudik yang ingin mendapatkan vaksin booster sebelum mudik agar menjaga badannya tetap dalam keadaan sehat.
 
"Saya menganjurkan agar sebelum vaksin, peserta yang ingin di vaksin harus istirahat yang cukup. Hal ini untuk menghindari efek lanjutan dari KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Biasanya sebelum vaksin, kondisi badan calon penerima vaksin harus dalam keadaan sehat," tutup Hasanah.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif