Menteri Perdagangan M Lutfi. FOTO: dok Kemendag
Menteri Perdagangan M Lutfi. FOTO: dok Kemendag

Mendag Harap Pejabat Tinggi Baru Teruskan Surplus Perdagangan

Ekonomi neraca perdagangan indonesia Kementerian Perdagangan Ekonomi Indonesia
Husen Miftahudin • 21 Desember 2021 09:55
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi melantik satu pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan 17 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Pelantikan pejabat tinggi di lingkungan kementerian ini diharapkan mampu meneruskan kinerja perdagangan RI yang surplus.
 
"Dengan dilantiknya para pejabat di lingkungan Kemendag ini, diharapkan turut mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional sekaligus meningkatkan kinerja surplus neraca perdagangan Indonesia," ujar Lutfi dalam siaran persnya, Selasa, 21 Desember 2021.
 
Adapun Pejabat Tinggi Madya yang dilantik adalah Indrasari Wisnu Wardhana. Ia sebelumnya merupakan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi, kini Indrasari memegang amanah sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pelantikan ini merupakan salah satu langkah Kemendag menghadapi tantangan perdagangan ke depan. Terutama, menjelang agenda Presidensi Indonesia G20 yang akan dilaksanakan tahun depan," tuturnya.
 
Sebelumnya, pada November 2021 Indonesia berhasil mempertahankan surplus neraca perdagangan sebesar USD3,51 miliar. Surplus perdagangan tersebut ditopang surplus neraca nonmigas sebesar USD5,21 miliar dan defisit neraca migas sebesar USD1,69 miliar.
 
Secara kumulatif, surplus neraca perdagangan periode Januari-November 2021 mencapai USD34,32 miliar. Nilai ini jauh lebih besar dibandingkan surplus neraca perdagangan di periode yang sama pada 2020 dan melanjutkan tren surplus sejak Mei 2020.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif