Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

Jadi Jantung Perekonomian, Erick Thohir Pastikan PLN Sehat Terus

Al Abrar • 23 September 2022 09:39
Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir memastikan akan terus berusaha untuk menyehatkan PT PLN. Sebagai jantung pertumbuhan ekonomi Indonesia, PLN setiap usaha untuk menyehatkan PLN akan terus dilakukan, termasuk bekerja sama dengan Kejaksaan Agung dalam penanganan hukumnya. 
 
“PLN jantungnya pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tidak mungkin masyarakat hidup tanpa listrik,” tulis Erick Thohir di akun Twitter pribadinya, Jumat, 23 September 2022.
 
Selain bekerja sama dengan Kejaksaan Agung dalam penegakan hukum, upaya lain juga terus dilakukan demi menyehatkan PLN. Salah satunya dengan membentuk holding dan subholding. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usaha tersebut dilakukan untuk mentransformasi bisnis dan memperbaiki pelayanan di masyarakat. “Pembentukan holding dan subholding dilakukan untuk mentransformasi bisnis dan memperbaiki pelayanan masyarakat,” jelas Erick. 
 
Baca: Wah.. Erick Thohir Sebut Subholding PLN Berpeluang Masuk Bursa
 
Di sektor penegakan hukum, Jaksa Agung ST Burhanuddin menyatakan pihaknya telah menaikkan kasus dugaan korupsi pengadaan tower transmisi PT PLN pada 2016 ke penyidikan. Jaksa Agung mengatakan, jaksa penyidik telah menemukan adanya unsur dugaan tindak pidana dalam perkara itu.
 
Namun, dalam upaya pengusutan perkara, Kejaksaan Agung mendapatkan perlawanan. Direktur PT Bukaka, Saptiastuti Hapsari, melayangkan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan terkait aktivitas penggeledahan Kejaksaan Agung.
 
Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Kuntadi menyampaikan pihaknya menghormati langkah hukum yang diambil PT Bukaka.
 
"Pada prinsipnya Kejagung menghormati langkah hukum yang ditempuh Bukaka, karena pada dasarnya itu merupakan hak yang diatur oleh KUHAP. Kejaksaan tentu akan mempertahankan langkah yang sudah diambil. Nanti kita uji,” kata Kuntadi, Kamis, 22 September 2022. 
 
Kuntadi memastikan setiap tindakan hukum yang diambil dalam upaya penuntasan kasus sudah diperhitungkan dengan matang. Adapun terkait tudingan cacat hukum dalam proses penggeledahan pun dapat dibuktikan lewat pengadilan.
 
“Itu kan soal argumentasi, kita hargai tentu pendapat dari sudut yang lain, mungkin bisa melihat dari sudut lain. Namun, kita selalu mendasarkan langkah sesuai dengan aturan," jelas dia.
 
Kuntadi menyatakan, adanya gugatan praperadilan PT Bukaka tidak mengganggu upaya penanganan kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan tower transmisi oleh PT PLN pada 2016. "Kita tetap berjalan terus," ujar Kuntadi.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif