Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: dok Kemenparekraf.
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: dok Kemenparekraf.

Girang Harga Tiket Pesawat Turun, Sandiaga Uno: Ini Jadi Angin Segar bagi Pariwisata

Insi Nantika Jelita • 30 Agustus 2022 14:22
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan harga tiket pesawat yang turun 15 persen menjadi kabar positif bagi industri pariwisata. Ia mengapresiasi kebijakan penurunan harga tiket pesawat sesuai arahan Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN.
 
"Good news, harga tiket pesawat turun 15 persen dan jadi angin segar bagi industri pariwisata. Kami hargai upaya dari Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, juga para pemangku kepentingan terkait," kata dia dalam keterangan resmi, Selasa, 30 Agustus 2022.
 
Menurutnya, maskapai penerbangan juga bakal menambah armada mulai dari Garuda Indonesia, Citilink, hingga Lion Group. Selain itu, AirAsia dan beberapa maskapai dari luar negeri juga ikut mendukung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan upaya tersebut, harga tiket pesawat terus diharapkan akan lebih terjangkau, terutama saat memasuki masa-masa puncak liburan di akhir tahun. "Kami juga akan mendorong agar ada penambahan rute-rute penerbangan baru," tambah Sandiaga Uno.
 
Menparekraf mengatakan jika kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi dalam kurun waktu yang lama berpotensi untuk menurunkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Indonesia. Hal tersebut pun dihindari dengan meminta perusahaan maskapai menurunkan harga tiket.
 
Baca juga: Mulai Pekan Depan Harga Tiket Pesawat Turun 15%

 
Pada kesempatan tersebut, Menparekraf juga menyampaikan sedang menggodok manajemen otoritas tunggal atau Single Authority Management untuk pengelolaan destinasi prioritas dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Pariwisata agar tidak terjadi koordinasi yang membuat distorsi di kalangan masyarakat.
 
"Kami berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait sehingga RUU ini bisa segera rampung dan disahkan. Diharapkan ini dapat meminimalkan potensi konflik serta memudahkan penataan pariwisata berkelanjutan," pungkasnya.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif