Ilustrasi Pasar Modal. Foto: MI
Ilustrasi Pasar Modal. Foto: MI

Moeldoko Ingatkan Agar Tak Mempermainkan Harga Pangan Jelang Nataru

Andhika Prasetyo • 22 November 2022 13:47
Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mewanti-wanti semua pihak untuk tidak mempermainkan harga dan stok komoditas pangan terutama menjelang Natal dan tahun baru. 
 
Ia pun meminta Satgas Pangan bekerja keras mengontrol persediaan dan harga di lapangan supaya tidak menimbulkan masalah. 
 
"Untuk pengusaha, saya imbau jangan memanfaatkan momentum Natal dan tahun baru untuk menaikkan harga seenaknya," tegas Moeldoko, saat berkunjung ke pasar tradisional Los 3000, di Batam, Kepulauan Riau, dilansir Media Indonesia Selasa, 22 November 2022. 
 
"Jangan coba-coba permainkan harga dan stok. Pemerintah akan turun tangan," ujarnya. 
 
Baca juga: 2023, Daerah Diminta Susun Neraca Pangan Wilayah 

Moeldoko mengaku sengaja berkunjung ke pasar untuk memastikan apakah harga pangan stabil dan terjangkau oleh masyarakat. 
 
Dari hasil pengamatan di lapangan, ia mendapati harga-harga komoditas masih wajar dan sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Seperti harga beras yang masih berada di angka Rp10 ribu per kilogram, dan harga cabai Rp60 ribu per kilogram. 
 
"Harga cabai yang mempengaruhi inflasi saya lihat cukup bagus. Bagus bagi petani dan pembeli," kata mantan Panglima TNI itu. 
 
Moeldoko juga berpesan kepada para petani untuk memanfaatkan kondisi cuaca saat ini untuk mengoptimalkan produksi pertanian. Hasil panen harus terus dipacu sehingga saat musim kemarau dan produksi menurun, mereka masih memiliki cadangan stok yang terjaga. 
 
"Kita harus optimalkan momentum cuaca saat ini yang sangat bagus untuk memproduksi sehingga stok pangan kita kuat dan tidak terganggu saat kemarau," ucapnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif