"Perseroan tetap berkomitmen penuh untuk menjalankan lima prioritas strategis untuk pertumbuhan jangka panjang, di antaranya memperkuat dan membuka potensi penuh dari merek-merek inti melalui inovasi yang berdampak dengan menawarkan manfaat yang unggul, dipadukan dengan komunikasi yang lebih menarik, program pengembangan pasar untuk meraih pengguna baru dan meningkatkan konsumsi, serta berinvestasi media pada level yang tepat," ujar Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Ira Noviarti, dalam keterangan tertulis, Rabu, 25 Oktober 2023.
Di kuartal III, Unilever membukukan kinerja yang solid dengan mencatatkan 4,3 persen pertumbuhan volume domestik, 3,3 persen peningkatan penjualan dalam negeri, dan pertumbuhan laba bersih sebesar 21 persen. Kemudian, margin kotor pada kuartal III-2023 meningkat 483 bps dibandingkan kuartal III-2022. Ira mengatakan hasil ini membuktikan perseroan bergerak ke arah positif menuju pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan.
“Dengan margin kotor yang kuat, didorong oleh program efisiensi, kami dapat meningkatkan investasi merek-merek kami dan aktivitas pengembangan pasar, sehingga menghasilkan pertumbuhan yang kompetitif," ujar dia.
Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta, mencatat Unilever Indonesia (UNVR) mencatat tingkat margin kotor tertinggi dalam delapan kuartal terakhir, dengan tingkat laba sebelum pajak dan laba per saham yang kuat. Pencapaian ini merupakan hasil dari serangkaian program optimalisasi di pabrik, distribusi, logistik dan promosi, serta didukung harga komoditas yang lebih baik. Melihat berbagai indikator tersebut, kinerja Unilever di kuartal berjalan diprediksi masih tetap tumbuh.
Nafan menyampaikan meski industri FMCG memiliki banyak kompetitor, Unilever diprediksi tetap memimpin pasar. UNVR, lanjut dia, masih menjanjikan secara fundamental dari perspektif jangka panjang, potensi pertumbuhan bisnis, potensi pendapatan, dan kinerja. Hal itu dipengaruhi adanya katalis positif, seperti membaiknya kinerja sektor konsumsi dan daya di Tanah Air seiring pemulihan ekonomi. Beragam faktor itu, bisa memberikan katalis positif bagi UNVR.
Baca Juga: Ini Dia Cara Unilever Terapkan Sistem Jaminan Halal dari Hulu ke Hilir |
Selain itu, sisi indeks keyakinan konsumen yang dirilis Bank Indonesia pada Juni 2023 berada pada level 127,1, menunjukkan optimisme terkait perkembangan perekonomian ke depan. Hal ini positif bagi emiten FMCG, di mana indeks tersebut menentukan daya dorong konsumsi masyarakat secara umum.
"Positifnya, UNVR memiliki komitmen berinovasi lewat produk-produk/merek baru dan juga dari sisi promosinya juga oke, sehingga akan mendukung kinerja laba bersih ke depannya," jelas Nafan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id