Manager Network Management J&T Cargo M. Said Abdullah. Foto: Medcom.id/Husen.
Manager Network Management J&T Cargo M. Said Abdullah. Foto: Medcom.id/Husen.

Punya 1,5 Juta Pelanggan, J&T Cargo Sukses Berdayakan UMKM

Husen Miftahudin • 27 Maret 2024 10:44
Jakarta: J&T Cargo mempertegas komitmen terhadap peningkatan kualitas pelayanan melalui kolaborasi strategis dengan partner dari tiga sektor industri penting, yaitu UMKM yang bergerak di bidang pelayanan dan komunitas UMKM, portal informasi bisnis, dan sektor resources.
 
Manager Network Management J&T Cargo M. Said Abdullah mengatakan, selama dua tahun berjalan, J&T Cargo mengalami pertumbuhan bisnis yang meningkat hingga dua kali lipat. Pencapaian ini merupakan hasil dari usaha para Mitra outlet yang konsisten memberikan pelayanan terbaik ke customer.
 
Pertumbuhan ini juga didukung oleh sistem franchise J&T Cargo yang memberikan proses onboarding yang mudah, tim yang solid dalam menggali potensi outlet, program pelatihan, serta penerapan teknologi sistem JFS yang membantu outlet terintegrasi dengan sistem J&T Cargo.
 
"J&T Cargo telah menjadi best practice yang sukses memberdayakan UMKM, dimana dalam dua tahun ini, para Mitra atau UMKM yang bergerak di bidang pelayanan telah berhasil melayani pengiriman untuk perusahaan besar seperti OPPO, dan lain sebagainya, hingga saat ini telah mencapai 1,5 juta pelanggan," ucap Said pada acara Media Iftar di The Lounge, Senayan Avenue, Jakarta, dikutip Rabu, 27 Maret 2024.
 
Pada rangkaian kegiatan Media Iftar, J&T Cargo juga memberikan apresiasi secara simbolis kepada 15 dari 100 outlet terpilih dengan predikat 'Best Service Outlet', atau mitra yang memiliki pelayanan terbaik. Penghargaan ini merupakan strategi J&T Cargo untuk menciptakan ekosistem yang berfokus di bidang pelayanan.
 
Adapun partner yang bekerja sama dengan J&T Cargo merupakan upaya dalam membentuk ekosistem yang saling terintegrasi, mulai dari sektor UMKM (UMKM yang bergerak di bidang pelayanan dan komunitas UMKM), portal informasi bisnis, dan sektor resources yang akan membantu dari aspek solusi finansial sebagai benefit untuk kemudahan bantuan pendanaan bagi para mitra yang mendapat penghargaan Best Service Outlet.
 
Baca juga: Kemenkop Berhasil Kumpulkan 13,4 Juta Data Pelaku UMKM
 

Pererat kerja sama dengan tiga sektor industri

 
Di sisi lain, J&T Cargo bekerja sama dengan SWA Media Group untuk memberikan pembinaan bisnis terhadap 100 Mitra. Pembinaan ini difokuskan pada materi pelayanan sesuai standar J&T Cargo yang dapat diimplementasikan oleh para mitra.
 
Tidak hanya pembinaan dan pelatihan kepada 100 outlet terpilih, tapi juga akan melibatkan 3.337 outlet lain yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk turut ikut dalam pembinaan.
 
"J&T Cargo dan SWA Media Group turut mengundang pemateri profesional dalam memberikan pelatihan tentang aspek pelayanan pada customer," tutur Said.
 
J&T Cargo juga turut memberdayakan komunitas UMKM atau Seller yang menggunakan layanan pengiriman mereka. Komunitas tersebut antara lain seperti Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Komunitas Seller UMKM, serta Komunitas pelaku ekspor-impor.
 
"Kerja sama ini berbentuk penyelenggaraan event atau pelatihan tentang strategi peningkatan jualan dan pengiriman bagi mitra UMKM. Selain itu, para mitra ini pun bisa mendapatkan feedback tentang bagaimana meningkatkan kualitas layanan J&T Cargo di outlet mereka," jelas dia.
 
J&T Cargo juga menyediakan solusi terintegrasi yang mendukung pertumbuhan bisnis dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Bersama dengan sektor resources, J&T Cargo siap menghadirkan solusi yang holistik untuk 100 Mitra yang mendapatkan penghargaan Best Service Outlet.
 
Dalam hal ini para Mitra sebagai UMKM yang bergerak di bidang pelayanan dapat dengan mudah mengajukan bantuan guna meningkatkan pelayanan mereka ke customer, salah satunya melalui financial solution atau pendanaan untuk penambahan armada, perluasan tempat, atau penambahan sumber daya manusia (SDM).
 
"Selain pendanaan, kedepannya kami juga akan bekerja sama dengan sektor lain yang mendukung dalam bentuk material, seperti armada dan warehouse. Tujuannya adalah untuk membantu ekspansi bisnis para mitra dan melayani lebih banyak lagi pelanggan dengan kualitas layanan terbaik," ungkap Said.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan