Berbagai konten promosi dibuat semenarik mungkin agar mampu menarik perhatian dan kesadaran konsumen terhadap produk, sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan yang maksimal. Satu dari banyaknya platform media sosial yang saat ini tengah gencar dimanfaatkan oleh pelaku UMKM adalah platform video pendek.
SnackVideo sebagai salah satu platform media sosial video pendek, ikut memberi dukungan kepada para pelaku UMKM dalam penggunaan konten video pendek untuk mengoptimalkan promosi bisnis mereka.
Konten video pendek yang menarik dan kreatif dapat dijadikan sebagai alat promosi yang ditujukan untuk meningkatkan awareness (kesadaran) konsumen terhadap produk yang ditawarkan, terutama di media sosial. Video pendek yang kreatif juga dapat menjangkau lebih banyak orang dan berujung pada peningkatan penjualan produk maupun jasa.
"SnackVideo merupakan platform video pendek yang dinamis dan mudah digunakan oleh masyarakat. Saat ini, pengguna aktif SnackVideo telah mencapai 43 juta di seluruh Indonesia. Jika UMKM dapat memanfaatkannya dengan tepat melalui konten-konten yang informatif dan menarik mengenai produknya, maka promosi melalui video pendek di SnackVideo akan menjadi semakin efektif," ungkap Head of Marketing SnackVideo Indonesia Dina Bhirawa, dikutip dari siaran pers, Jumat, 24 November 2023.
Terutama, lanjut dia, dalam menarik perhatian dan menumbuhkan curiosity konsumen terhadap produk maupun jasa. "Karena itu, kami mendukung para UMKM di Indonesia untuk terus aktif dan bersemangat dalam mengembangkan kreativitas dan membuat konten video pendek yang menarik, sehingga bisa trending dan ditonton oleh banyak orang," tambah Dina.
Salah satu strategi berwirausaha yang saat ini sedang tren melalui platform video pendek dan banyak dilakukan oleh pelaku UMKM adalah live streaming. Tak hanya untuk meningkatkan kunjungan konsumen secara online, fitur live stream ini juga dapat digunakan oleh para pelaku bisnis untuk membangun komunikasi dengan konsumen dan konsumen potensial melalui fitur live chat.
"Live streaming merupakan salah satu fitur yang tersedia di SnackVideo yang dapat digunakan oleh UMKM untuk memperkenalkan produk dan membangun komunikasi dengan para konsumen, bahkan untuk mendorong terjadinya penjualan. Sama seperti video pendek, live streaming juga membutuhkan konsep yang kreatif dan persiapan yang matang agar dapat memberi hasil yang diharapkan," papar dia.
"Untuk itu, SnackVideo ingin memberikan beberapa panduan kepada para content creator dan host mengenai persiapan yang baik untuk melakukan live streaming serta berbagai tips agar live streaming bisa berlangsung menarik dan diikuti banyak pengguna SnackVideo," sambung Dina.
Saat mempersiapkan live streaming di SnackVideo, maka UMKM harus memperhatikan hal-hal berikut:
1. Menentukan jenis konten yang ingin dilakukan. Jenisnya bisa berupa chit chat atau obrolan, langkah-langkah penggunaan produk (misal untuk produk beauty), games & challenge, mukbang (untuk produk food & beverages), menari, atau bernyanyi. Jika live streaming untuk mempromosikan produk, sertakan juga informasi pembelian produk yang bisa dipilih oleh penonton.
2. Pilih waktu yang tepat untuk melakukan live streaming sesuai demografi dari pengguna yang menjadi sasaran. Informasikan terlebih dahulu jadwal live streaming serta host yang akan memandu acara agar tidak terlewat.
3. Host bersikap ramah dan bersahabat dengan para penontonnya. Jangan lupa untuk mengucapkan salam dan menyapa penonton, terutama penonton yang sudah rutin menonton live streaming.
Lakukan interaksi dengan membaca dan merespons komen-komen dari penonton, terutama yang berkaitan dengan informasi produk. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih jika ada penonton yang memberikan gift.
4. Pemilihan host yang tepat. Pilih host yang terlihat menarik dengan pakaian yang terlihat sopan dan rapi, rambut ditata dengan rapi, serta mengaplikasikan make up untuk host perempuan. Hindari penampilan host yang seksi dan vulgar.
5. Jangan lupa persiapkan setting dan perlengkapan. Live streaming sebaiknya dilakukan di ruangan yang tenang sehingga host merasa nyaman dalam bekerja. Pastikan perlengkapan berfungsi dengan baik. Atur jarak duduk host serta pencahayaannya sehingga wajah host bisa terlihat dengan jelas tapi tidak memenuhi layar ponsel.
Baca juga: RI Gandeng 8 Negara Tingkatkan Kapasitas UMKM |
UMKM sukses
Salah satu UMKM yang sukses memperkenalkan usahanya melalui konten video pendek di SnackVideo adalah Mengantar, yang bergerak di bidang jasa transportasi dan logistik.
Menurut Direktur PT Mengantar Karya Bangsa Faeruz Faiz, promosi menggunakan video pendek di SnackVideo membantu bisnisnya tumbuh secara signifikan. Hal lain yang membuat ia tertarik melakukan promosi di SnackVideo adalah kesamaan misi Mengantar dan SnackVideo dalam membantu kemajuan UMKM Indonesia.
"Melalui konten-konten video pendek yang kami buat di SnackVideo, kami dapat memperkenalkan Mengantar kepada masyarakat Indonesia dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Kami juga memilih platform SnackVideo karena kami melihat SnackVideo punya semangat untuk membantu UMKM Indonesia agar bisa tumbuh dan maju," ujar Faeruz.
Mencermati tren yang sedang berlangsung di kalangan masyarakat merupakan langkah penting yang harus diambil oleh para pelaku UMKM. Terutama dalam implementasi digitalisasi bisnis dan pemanfaatan media sosial sebagai saluran promosi.
"Memahami cara-cara yang benar dalam melaksanakan live streaming juga diperlukan agar informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh target konsumen. SnackVideo akan terus mendukung kemajuan UMKM di Indonesia dengan berbagi informasi berupa tips and tricks menarik yang dapat diimplementasikan oleh para UMKM dan content creator untuk mengembangkan konten di akun SnackVideo nya," tutup Dina.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News