Dalam mewujudkan impian hidup bahagia sejahtera pada usia tua, dibutuhkan perencanaan matang sejak awal dan dukungan finansial yang baik (Foto:Freepik)
Dalam mewujudkan impian hidup bahagia sejahtera pada usia tua, dibutuhkan perencanaan matang sejak awal dan dukungan finansial yang baik (Foto:Freepik)

Langkah Mewujudkan Impian Muda Bahagia, Tua Sejahtera

Rosa Anggreati • 10 November 2021 16:08
Jakarta: Setiap orang tentu mendambakan hidup sejahtera pada masa tua. Untuk meraihnya dibutuhkan perencanaan matang dan komitmen sejak usia muda.
 
"Karyawan maupun bukan karyawan sama-sama berpeluang sejahtera pada masa tua, bergantung bagaimana komitmen kita mewujudkannya," ucap Director and Chief of EB & Sharia Manulife Indonesia Karjadi Pranoto, pada acara Podcast Do It! Program Metro TV-Manulife Indonesia bertema Muda Juara, Tua Jawara.
 
Karjadi Pranoto menjelaskan ada sebuah penelitian dari Frank Small and Associates yang menyebutkan pada saat pensiun orang harus melengkapi diri dengan 70-80 persen pendapatan terakhir mereka. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Misal, biasanya memiliki pendapatan Rp10 juta per bulan, berarti untuk bisa tetap hidup sama sebelum pensiun butuh Rp6-7 juta setiap bulan," katanya.
 
Lantas bagaimana kita menyiapkan dana tersebut sejak saat ini?
 
"Baiknya pada usia produktif sudah mulai merencanakan dengan menabung, dan berinvestasi menggunakan instrumen investasi seperti membeli properti dari bonus, beli emas, saham, dan lainnya," ucap Karjadi.
 
Karjadi tak memungkiri, bagi orang yang telah puluhan tahun mengabdikan diri menjadi karyawan di perusahaan akan kesulitan ketika dihadapkan pada situasi pensiun. Oleh karena itu, dia menganjurkan untuk melakukan persiapan sejak lima tahun sebelum masa pensiun.
 
"Lakukan persiapan lima tahun sebelum pensiun. Bekali diri dengan kegiatan dan keterampilan baru, dengan harapan pada saat pensiun siap berubah dari karyawan menjadi menjalani sesuatu yang baru. Misalnya, berwirausaha," ucapnya.
 
Langkah Mewujudkan Impian Muda Bahagia, Tua Sejahtera
Director and Chief of EB & Sharia Manulife Indonesia Karjadi Pranoto
 
Dalam mewujudkan sebuah impian, termasuk hidup sejahtera pada usia tua, dibutuhkan perencanaan yang matang sejak awal dan dukungan finansial yang baik. 
 
Lakukan perencanaan pensiun sejahtera di sini.
 
"Tips mempersiapkan diri sejak usia muda yaitu dengan melakukan perencanaan, komitmen, disiplin, fleksibilitas, dan adaptasi yang kuat dengan lingkungan. Tidak hanya dari sisi karier, namun juga dari sisi persiapan pensiun," katanya.
 


Persiapan Menghadapi "End Game"


 
Pada kesempatan yang sama, atlet catur nasional Irene Kharisma Sukandar berbagi pengalaman dan tips merencanakan masa pensiun. Irene menyadari menjalani profesi atlet tak akan selamanya. Ada masa permainan akan berakhir atau "end game."
 
"Tidak dipungkiri di Indonesia belum ada sistem yang  terintegrasi untuk menjamin kesejahteraan atlet maupun mantan atlet. Kita semua tahu ada mantan atlet menjual medali atau berdagang demi untuk memenuhi kebutuhan hidup," ujar Irene.
 
Tak ingin masa pensiunnya kelak tak sejahtera, mumpung masih produktif dan memiliki karier gemilang, Irene memanfaatkan pendapatan maupun bonus yang diperolehnya untuk investasi.
 
Langkah Mewujudkan Impian Muda Bahagia, Tua Sejahtera
 
Dia menyebutkan investasi yang dilakukannya ialah dengan membeli properti. Tak hanya itu, Irene juga berinvestasi untuk meningkatkan kualitas diri.
 
"Penting berinvestasi ke diri sendiri. Misalnya, pembinaan, pelatihan catur," ucap Irene.
 
Selain itu, Irene mewanti-wanti agar tidak terjebak menjalani pola hidup konsumtif. Harus pandai mengerem diri agar tidak menghamburkan uang demi memenuhi gaya hidup.
 
"Lifestyle, itu penting menjadi catatan. Banyak anggapan atlet yang berprestasi dikaitkan dengan lifestyle boros. Saya menghindari itu," kata Irene tegas.
 

 
Irene kemudian membagikan tips bagaimana mempersiapkan masa pensiun sejahtera sejak usia muda.
 
"Kita harus investasi untuk diri sendiri, mampu beradaptasi dengan perubahan, dan menjadi kreatif untuk bisa sukses," tuturnya.
 
Mempersiapkan masa tua bahagia dan sejahtera, klik manulife.co.id
 
 
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif