Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Pemerintah Fokus Kembangkan Wisatawan Nusantara di 2021

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi pariwisata indonesia Ekonomi Indonesia Kemenparekraf
Antara • 13 September 2021 21:01
Makassar: Pemerintah Indonesia terus berupaya menjaga agar tidak kembali terjadi lonjakan covid-19. Jika pandemi terkendali diharapkan berdampak positif terhadap upaya pemulihan ekonomi dan menggeliatnya perekonomian di Tanah Air yang salah satu fokusnya adalah menghidupkan sektor pariwisata.
 
Dalam hal ini, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) fokus pada wisatawan nusantara dalam upaya meningkatkan geliat pariwisata di 2021.
 
"Geliat pariwisata tahun ini kita fokus pada wisatawan nusantara, karena situasi pandemi maka kesehatan yang jadi utama," kata Direktur Event Daerah pada Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Wisata Kemenparekraf Reza Pahlevi, dilansir dari Antara, Senin, 13 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Reza menyebutkan kunci momentum saat ini ialah mempersiapkan destinasi wisata untuk standar protokol kesehatan yang ketat. Sebab, menurutnya, destinasi yang paling diminati ke depan adalah yang paling bisa menjaga protokol kesehatan.
 
"Untuk kegiatan nasional highland, tentu dibutuhkan semakin banyak ide untuk menginisiasi, mulai dari komunitas maupun dari pemerintah daerah, karena prinsipnya sama. Geliatkan pariwisata tanpa mengabaikan protokol kesehatan," tegasnya.
 
Di sisi lain, pandemi covid-19 di Indonesia masih belum selesai lantaran karena setiap harinya masih ada ribuan kasus terkonfirmasi positif. Artinya masyarakat jangan sampai lengah kembali karena bisa memicu terjadi peningkatan virus korona, termasuk jangan melanggar kebijakan pelonggaran mobilitas oleh pemerintah.
 
Adapun para ahli berpendapat bahwa gejala covid-19 akan membaik setelah 1-2 minggu. Namun sekitar 10-75 persen orang tetap mengalami gejala seperti kelelahan, otot terasa lemas, kesulitan tidur, dan gangguan kognitif bahkan hingga beberapa bulan setelah dinyatakan sembuh.
 
Kondisi itu dikenal dengan long covid dan biasa terjadi pada pasien dengan keluhan gejala ringan. "Selama pemulihan dari covid-19, penting untuk makan dan minum dengan baik. Hal ini akan meningkatkan imunitas tubuh dan membantu tubuh mendapatkan energi serta nutrisi yang cukup," kata dr. Hilna K Shalihat.
 
Selain mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tambahnya, konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan juga dapat membantu menjaga kesehatan selama masa pemulihan covid-19. Berikut beberapa rekomendasi suplemen untuk membantu pemulihan usai covid-19.


1. FibreFirst.


Scientific Manager FibreFirst Nourmatania Istiftiani menyatakan beberapa studi ilmiah menunjukan penurunan kesehatan pencernaan masih terjadi usai covid-19, bahkan hingga enam bulan setelah dinyatakan sembuh. "Konsumsi FibreFirst yang mengandung serat premium dan nutrisi dari ekstrak buah serta sayuran dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan," tuturnya.


2. Blackmores Omega Daily


Blackmores Omega Daily memiliki kandungan omega-3 dua kali lebih banyak dibandingkan dengan minyak ikan pada umumnya. Omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta baik untuk memelihara kesehatan mental, mencegah gangguan cemas, dan depresi. Jika minyak ikan identik dengan rasa amis, tidak dengan Blackmores Omega Daily ini, karena menggunakan ekstrak vanilla sehingga tidak berbau amis.

 
3. Redoxon


Redoxon multivitamin mengandung vitamin C (1000 mg), vitamin D (400 IU), dan Zinc (10 mg) untuk membantu memelihara daya tahan tubuh. Vitamin C memiliki peranan penting sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas serta memperkuat fungsi imun tubuh yang berguna bagi penderita long covid.  Redoxon dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan dengan cara melarutkan satu buah tablet ke dalam segelas air.
 
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif