Maskapai penerbangan AirAasia. Foto: dok. AFP
Maskapai penerbangan AirAasia. Foto: dok. AFP

CEO AirAsia Optimistis Bisnis Penerbangan Segera Pulih Meski Dihadang Omicron

Ekonomi Penerbangan AirAsia Omicron
Nia Deviyana • 11 Januari 2022 18:59
Singapura: CEO AirAsia Tony Fernandes optimistis bisnis penerbangan bisa segera pulih seiring meningkatnya perjalanan internasional, meskipun kemajuan ini diperlambat oleh varian baru covid-19, Omicron.
 
"Saya percaya kita berada di awal dari (yang) akhir," katanya dilansir CNBC International, Selasa, 11 Januari 2022.
 
"Hal baiknya adalah, hari ini di tahun lalu kami tidak memiliki pesawat yang terbang. Sekarang, kami memiliki sebagian besar armada kami yang terbang domestik yaitu Malaysia, Thailand, dan Indonesia," paparnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fernandes juga menambahkan, permintaan saat ini sudah sangat kuat. Ia memperkirakan, perjalanan internasional akan kembali ke fase pra-covid sekitar enam bulan setelah perbatasan mulai dibuka kembali, yang diharapkan pada Maret.
 
Adapun saat ini beberapa negara, termasuk Thailand dan India kembali memberlakukan pembatasan untuk beberapa kedatangan karena Omicron meningkatkan beban kasus.
 
Pada kesempatan yang berbeda, Fernandes mengatakan bisnis ride-hailing AirAsia juga berjalan sangat baik dan jauh melebihi harapan sejak diluncurkan pada Agustus 2021.
 
Dia mengatakan strategi AirAsia persis sama dengan yang digunakan ketika perusahaan memasuki pasar penerbangan murah. Begitu juga efisiensi tinggi diterapkan sehingga menghasilkan harga yang lebih rendah bagi konsumen.
 
Fernandes bilang, sebagai pemain yang terlambat, AirAsia Ride justru dapat mengamati model apa yang berhasil dan tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk penelitian, pengembangan, atau teknologi.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif