Maskapai Citilink. Foto : AFP.
Maskapai Citilink. Foto : AFP.

Citilink dan Wings Air Layani Penerbangan di Sumenep

Ekonomi Citilink Penerbangan Wings Air Jawa Timur
Antara • 30 April 2022 11:19
Sumenep: Dua maskapai, yakni Citilink dan Wings Air, kini mulai melayani penerbangan di Bandar Udara Trunojoyo Sumenep, dari Sumenep menuju Surabaya dalam dua kali sepekan.
 
"Kesiapan kedua maskapai ini setelah Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Trunojoyo Sumenep pada 20 April 2022 dan meminta maskapai beroperasi di sini," kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi dikutip dari Antara, Sabtu, 30 April 2022.
 
Bupati mengatakan pihaknya sangat bersyukur, sebab dengan beroperasinya kedua pesawat tersebut akan memudahkan akses transportasi dalam upaya melayani masyarakat Sumenep dan luar daerah yang ingin ke Surabaya atau sebaliknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semoga dengan dibukanya pelayanan maskapai Citilink dan Wings Air ini, masyarakat bisa merasakan manfaat, terutama dalam akses transportasi ke luar Sumenep," katanya.
 
Ia menjelaskan pelayanan penerbangan di Bandar Udara Trunojoyo Sumenep ini akan menimbulkan efek positif untuk mendorong Kabupaten Sumenep semakin berkembang, dan meningkat perekonomian masyarakat.
 
"Dengan kemudahan akses penerbangan ini ada multi efek untuk pembangunan di daerah khususnya memajukan ekonomi masyarakat,” katanya.
 
Pemerintah daerah, sambung dia, berkomitmen untuk mendukung penuh maskapai penerbangan yang beroperasi di Kabupaten Sumenep, sehingga melalui pihak terkait terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kabupaten lain di Pulau Madura.
 
Pada operasi perdana penerbangan maskapai Citilink itu ditandai dengan ‘water salute’ yakni mobil pemadam kebakaran menyemprotkan air ke badan pesawat yang berjalan pelan menuju apron.
 
Bupati selanjutnya memecahkan kendi di apron dan ia bersama rombongan menjajal naik Citilink menuju Surabaya.
 
Sementara itu, Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai menyampaikan, penerbangan rute baru Sumenep-Surabaya dan sebaliknya merupakan komitmen Citilink dalam meningkatkan aksesibilitas transportasi udara, supaya mampu memperlancar konektivitas antar wilayah.
 
"Masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan waktu yang lebih singkat dan efisien," kata Dewa.
 
Ia berharap pembukaan rute penerbangan yang bertepatan dengan Lebaran 1443 Hijriah itu nantinya mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik Lebaran di kampung halamannya.
 
"Penerbangan rute Surabaya–Sumenep dan sebaliknya beroperasi setiap hari Jumat dan Minggu," katanya, menjelaskan.
 
Sementara itu, penerbangan komersial perdana Wings Air dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya ke Bandar Udara Trunojoyo Sumenep telah dilakukan Kamis 28 April 2022, dan pesawat dengan ATR 72-600 itu sukses mendarat dengan selamat.
 
Maskapai Wings Abadi Airlines dengan kapasitas 72 tempat duduk tersebut membawa pengguna jasa transportasi udara dari Surabaya 32 orang. Sedangkan penerbangan dari Sumenep menuju Surabaya sebanyak 35 orang.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif