Direktur Utama Holding Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan mengatakan bentuk realisasi perusahaan menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan penggunaan produk lokal Indonesia.
Frans pun menyampaikan hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri di lingkungan BUMN, mengutamakan penyerapan produk-produk dalam negeri, langkah ini juga sejalan dengan program transformasi Kementerian BUMN.
Selain itu, Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi ID Food Adhi Cahyono Nugroho menambahkan ID Food Group bersinergi dengan lintas stakeholders, salah satunya dengan Kementerian PUPR melalui kegiatan temu bisnis dalam rangka aksi afirmasi penggunaan dan pembelian produk dalam negeri selama dua periode yakni 23-27 Mei 2022 dan 30-31 Mei 2022 yang diselenggarakan Kementerian PUPR.
Kurun waktu singkat pada sinergi kegiatan tersebut, ID Food Group berhasil mencatatkan sekitar Rp57,5 miliar realisasi dan komitmen meliputi transaksi gula, ikan beku dan produk kelautan, beras, daging sapi dan ayam, minyak goreng, garam, serta nonpangan seperti karung atau kemasan plastik.
Selain itu, dilakukan juga penandatanganan kerja sama perdagangan di antaranya terkait distribusi garam, produk pangan dan nonpangan lainnya. Adhi mengatakan, minat masyarakat untuk memilih dan mengkonsumsi produk pangan dalam negeri sangat besar, terbukti dengan tingginya potensi transaksi yang bisa dicatatkan dalam periode singkat selama tujuh hari pelaksanaan kegiatan.
“Upaya Holding BUMN Pangan ID Food untuk terus memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk pangan, telah menghasilkan sejumlah transaksi dan penjajakan kerja sama dengan berbagai pihak seperti swasta, BUMN, BUMD, serta lembaga dan instansi,” ungkapnya, dalam keterangan resmi, Jumat, 3 Juni 2022.
Lebih lanjut, banyak produk pangan dan nonpangan ID Food yang telah mengantongi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), di antaranya Crude Palm Oil (CPO) sebagai bahan dasar minyak goreng dengan tingkat TKDN hingga 99,6 persen, gula, garam dan produk ID Food group lainnya.
“Kami membuka peluang bisnis untuk bekerja sama dengan mitra-mitra strategis. Produk-produk yang diproduksi holding BUMN Pangan sangat berpotensi untuk dikolaborasikan dengan UMKM. Menggunakan produk pangan dalam negeri, sama dengan mendukung peningkatan kesejahteraan petani, peternak, dan nelayan yang berkontribusi pada tumbuhnya ekosistem pangan nasional,” tuturnya.
Di samping itu, sebagai bentuk dukungan Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), Adhi juga memastikan komitmen perusahaan dalam optimalisasi anggaran untuk belanja produksi dalam negeri, khususnya bagi barang yang sudah diproduksi di dalam negeri.
“Kami siap mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022, yang secara khusus mengatur soal percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan Produk Mikro, Usaha Kecil (UMKM)," tegas Adhi.
Disisi lain, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi menanggapi bahwa produk pangan lokal berperan besar dalam kontribusi penguatan stok pangan nasional. Hal ini pun sesuai yang diamanatkan Presiden Joko Widodo untuk optimalkan pangan Indonesia.
“Kita ciptakan ekosistem pangan dalam negeri, marketnya sudah ada, pangan itu pasarnya ada di Indonesia, peluang besar merealisasikan ekosistem dalam negeri kolaborasi berbagai stakeholders, salah satunya sinergi BUMN Pangan," pungkas Arief.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News