Ilustrasi pengisian avtur ke pesawat - - Foto: dok Pertamina
Ilustrasi pengisian avtur ke pesawat - - Foto: dok Pertamina

Tiket Pesawat Bakal Ikut Naik Gara-gara Rusia-Ukraina? Ini Penjelasannya

Insi Nantika Jelita • 15 Maret 2022 17:38
Jakarta: Harga avtur tercatat melonjak 20 persen dari harga awal tahun ini seiring dengan tingginya konflik Rusia dengan Ukraina. Hal ini berdampak pada beban operasional maskapai sehingga tiket pesawat pun dikabarkan akan naik.
 
Maskapai nasional PT Garuda Indonesia Tbk misalnya, mengaku tengah mengkaji kenaikan tiket pesawat akibat harga avtur yang melambung.
 
"Harga avtur meningkat tentu berdampak ke cost (biaya) perusahaan. Kita lagi detailkan dampaknya," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra kepada wartawan, Selasa, 15 Maret 2022.
 
Dia mengatakan, Garuda masih berdiskusi dengan Kementerian Perhubungan perihal rencana pemberlakuan kenaikan tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) tiket pesawat. Rencana kenaikan tiket pesawat diharapkan perusahaan maskapai negara itu tidak membebankan masyarakat kedepannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi kan kami juga menyadari ada kepentingan publik terkait ini," pungkasnya.
 
PT Pertamina (Persero) sebelumnya telah menaikkan harga bahan bakar pesawat atau avtur sebesar USD1,5 per liter yang berlaku dari 1-14 Maret 2022. Harga avtur untuk penerbangan internasional dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang misalnya, dipatok USD76,9 per liter. Untuk penerbangan domestik sebesar Rp11.967,55 per liter.
 
Terpisah, Ketua Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (Apjapi) Alvin Lie berpendapat, maskapai tidak boleh merugi terus seiring kenaikan harga avtur. Oleh karena itu, dia setuju jika harga tiket pesawat naik tapi dalam batas yang wajar.
 
"Kami tidak ingin airline ini rugi, tapi juga perlu mempertimbangkan daya beli masyarakat. Sehingga, walaupun harus naik, airline harus memberlakukan harga tiket yang fleksibel," sebutnya.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif