Ilustrasi. Foto: Dok. PT KAI
Ilustrasi. Foto: Dok. PT KAI

14.772 Penumpang Kereta Api Tiba di Jakarta

Ekonomi PT KAI libur panjang
Husen Miftahudin • 04 Januari 2021 15:25
Jakarta: PT KAI Daop 1 Jakarta mencatat sebanyak 14.772 penumpang kereta api tiba di Jakarta pada Senin, 4 Januari 2021. Jumlah ini mengalami peningkatan drastis dibandingkan rata-rata volume kedatangan pada libur akhir pekan yang berkisar antara 3.500 hingga 5.000 penumpang.
 
"Tercatat pada Senin, 4 Januari 2021, dari 37 kereta api yang datang, terdapat sekitar 14.772 pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta," ungkap Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya, Senin, 4 Januari 2021.
 
Lebih lanjut Eva menyampaikan bahwa sejak 31 Desember 2020, volume kedatangan penumpang terlihat mengalami peningkatan. Adapun secara total pada 31 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021, terdapat sebanyak 49.579 penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puluhan ribu penumpang kereta api tersebut tiba di Stasiun Pasar Senen, Gambir, dan sejumlah stasiun lainnya yang melayani turun penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) seperti Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, Karawang, dan Cikampek.
 
Adapun untuk volume kedatangan penumpang tertinggi di masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) tercatat pada 3 Januari 2021, dengan volume sebanyak 16.374 dan jumlah perjalanan yang tiba di area Daop 1 Jakarta sebanyak 39 kereta api.
 
Terkait hal ini, PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang yang berangkat dan datang ke area Daop 1 Jakarta dalam kondisi sehat berdasarkan berkas rapid antigen dengan hasil negatif yang wajib dimiliki penumpang saat akan berangkat dari dan menuju area Daop 1 Jakarta dengan masa berlaku tiga hari.
 
"Selain itu kesehatan penumpang juga dipantau melalui pemeriksaan suhu tubuh sebelum berangkat dan disepanjang perjalanan kereta api secara berkala hingga tiba di stasiun akhir untuk memastikan seluruh penumpang memiliki suhu tubuh normal," jelas Eva.
 
Bagi penumpang yang tidak dapat memenuhi syarat protokol kesehatan seperti surat rapid antigen dengan hasil negatif dan suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat celcius, maka penumpang tersebut tidak dapat melakukan perjalanan kereta api.
 
"Meski pada masa angkutan Nataru jumlah pengguna mengalami peningkatan, namun Daop 1 Jakarta memastikan seluruh protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin, baik untuk penumpang maupun petugas," pungkas Eva.
 
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif