Ilustrasi. Foto: Medcom.id/M Rizal.
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/M Rizal.

4 Jenis Restrukturisasi bagi Pelaku UMKM Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Despian Nurhidayat • 07 Desember 2021 11:56
Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) akan memberikan empat bentuk restrukturisasi bagi pelaku UMKM di wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru. Khususnya pelaku usaha yang memiliki pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
 
Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya membeberkan bentuk restrukturisasi yang dapat dilakukan.

Pertama, perpanjangan jangka waktu kredit.

"Terhadap debitur KUR yang terdampak dapat diberikan perpanjangan jangka waktu dengan mempertimbangkan kondisi dan prospek usaha, cash flow, serta kemampuan membayar debitur," kata Eddy, Selasa, 7 Desember 2021.

Kedua, restrukturisasi dengan perpanjangan jangka waktu kredit.

Hal ini dilakukan pada kredit yang sama dan tidak diperkenankan untuk penambahan tunggakan bunga ke pokok pinjaman (plafondering).

"Mengingat saat ini, Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) belum dapat mengakomodir penambahan outstanding dalam rekening yang sama," sambungnya.

Ketiga, debitur KUR yang akan dilakukan perpanjangan jangka waktu kredit harus diusulkan lebih dahulu ke penyalur KUR.

"Perpanjangan jangka waktu kredit dapat dilakukan setelah ada konfirmasi dari SIKP atas validitas data rekening KUR yang akan dilakukan restrukturisasi," ujar Eddy.

Keempat, penambahan plafon kredit.

Terhadap debitur KUR yang terdampak dapat diberikan suplesi/kredit baru dengan mempertimbangkan kondisi dan prospek usaha, cash flow, serta kemampuan membayar debitur.
 
"Restrukturisasi dengan cara penambahan plafon dilakukan dengan menggunakan rekening terpisah atau dibentuk rekening baru untuk tambahan plafon," ucapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif