Menteri Kominfo Johnny G Plate. FOTO: Kominfo
Menteri Kominfo Johnny G Plate. FOTO: Kominfo

Pemerintah Genjot Infrastruktur Teknologi Demi Tumbuhkan Ekonomi Digital

Eko Nordiansyah • 24 Mei 2022 10:44
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan Pemerintah Indonesia dalam masa pandemi sekalipun terus berupaya menyediakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi atau Information and Communication Technology (ICT) yang memadai dan merata di seluruh Indonesia hingga ke wilayah terjauh dan terpencil.
 
"Tanpa infrastruktur ICT yang mumpuni sebagai katalis, ekonomi digital tidak akan tumbuh maksimal. Kami mendukung penyediaan infrastruktur digital dari hulu hingga ke hilir, pengembangan talenta digital, serta regulasi untuk menyokong ekonomi digital," kata dia, dalam keterangan resminya, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Hal ini disampaikannya dalam sesi dialog kedua pada hari pertama di Paviliun Indonesia yang bertajuk 'Deepening Digital Growth in The New Economic Landscape' di Davos, Swiss. Johnny bersama dengan CEO GoTo Group Andre Soelistyo menjadi panelis dalam pertemuan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dialog ini membahas mengenai peluang, tantangan, dan hal-hal yang dilakukan oleh pemerintah dan pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ketika terdampak oleh pandemi, serta pentingnya transformasi digital dalam pemulihan ekonomi dari sisi pemerintah, sektor teknologi, dan pelaku UMKM.
 
CEO GoTo Group Andre Soelistyo menyampaikan bahwa perkembangan akses dan konektivitas telah menjadi faktor kunci yang menjadikan masyarakat bagian dari ekosistem ekonomi digital. Hal ini dimungkinkan dengan adanya infrastruktur ICT yang diwujudkan oleh Pemerintah Indonesia dan kebijakan pro-digital di Indonesia.
 
Begitu pula dari sisi akses permodalan dan kemudahan sistem pembayaran yang telah dipermudah bagi UMKM dan juga ekosistem ekonomi digital secara keseluruhan. Bahkan Andre menilai, pertumbuhan dalam masa pandemi selama dua tahun terakhir ini sangat pesat.
 
"Banyak kebijakan yang mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi digital ini. Semua ini merupakan bukti bahwa dukungan kebijakan, infrastruktur, dan semangat kewirausahaan berpadu dengan baik. Ini adalah waktu yang tepat untuk datang dan berinvestasi di sektor ekonomi digital Indonesia," ungkap Andre.
 
Indonesia Pavilion merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan sejak 22-26 Mei 2022, yang diprakarsai oleh pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Investasi/BKPM dan didukung oleh Kementerian Perdagangan serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif