Intani dan PT Telkom melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman.
Intani dan PT Telkom melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman.

Intani - Telkom Kembangkan Ekosistem Digital Pertanian dan Perikanan

Medcom • 15 Maret 2022 08:30
Yogyakarta: Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (Intani) mengembangkan ekosistem digital pertanian dan perikanan. Program hasil kolaborasi dengan PT Telkom itu untuk membangun ketahanan pangan dan kemandirian nasional.
 
EVP Divisi Business Service PT Telkom Indonesia Tbk Pontjo Suharwono mengatakan, program itu bagian dari pengembangan start-up platform digital di bidang pertanian dan perikanan, Agree. “Telkom Indonesia menghadirkan Agree sebagai solusi agrikultur terpadu dengan wujud platform digital," kata Pontjo.
 
Dia mengungkapkan, tugas utama Agree adalah menghubungkan semua stakeholder yang berperan di sektor agrikultur ke dalam ekosistem digital. Harapannya,  mampu membawa manfaat bagi semua stakeholder, baik secara bisnis, operasional, maupun sosial.
 
“Tak hanya terbatas pada sektor pertanian, Agree juga meliputi sektor perikanan dan menuju ke sektor peternakan,” ujar Pontjo.
 
Ketua Umum Intani Guntur Subagja Mahardika menyebut platform Agree sesuai dengan visi misi serta program strategis Intani. Intani memiliki visi motor penggerak ekonomi kerakyatan berbasis pertanian, peternakan, perikanan untuk kemandirian nasional, memiliki 4 program strategis: millennial farmer, smart farming, ekosistem, dan pasar. “Platform Agree sejalan dengan yang kami kembagkan,” kata GUntur.
 
Guntur mengatakan, Intani mengembangkan platform Desa Digital Global (DEDiGO) yang memberikan sarana layanan desa, pengembangan ekonomi desa, dan menjembatani produk-produk desa ke kota.
 
Guntur menyebut platform itu dapat disinergikan dan dikolaborasikan dengan Agree. “Kami bergerak membangun Indonesia dari desa,” kata Guntur
 
Guntur menegaskan, dengan mengembangkan potensi desa, baik potensi sumber daya manusia maupun potensi ekonominya, ekonomi kerakyatan berkembang dan pemerataan mudah diwujudkan sehingga ketimpangan ekonomi dan sosial dapat dikurangi.
 
“Tantangan kita mengentaskan kemiskinan. Kemiskinan ekstrem sebagian berada di desa-desa. Bapak Wakil Presiden (Ma’ruf Amin) sangat konsen dan melakukan langkah-langkah strategis mengurangi kemiskinan, khususnya kemiskinan ekstrem yang terdampak pandemi covid-19,” kata Guntur.
 
Seperti diketahui, Intani dan PT Telkom melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) di Bengkel Sapi Kalijeruk, Widodomartani, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu 12 Maret 2022.
 
MoU itu disaksikan guru besar Universias Gadjah Mada (UGM) Gunawan Sumodiningrat, Totok Gunawan, dan Ali Agus. Selain itu juga hadir GM Wilayah Telekomunikasi Telkom DI Yogyakarta Agus Faisal, VP Agree Telkom M. Noer Fajar, Yudi Wahono (Agree Telkom), dan Aris (Telkom).
 
Penandatangan MOU dilakukan seusai acara Pelantikan Intani Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dipimpin Ketua Ahmad Rifai, Sekretaris Azfa Mutiara Ahmad Pabulo, Bendahara Lensiana. Dilanjutkan dengan Dialog Pertanian dan Perikanan bertajuk ‘Dari Yogyakarta untuk Indonesia’.
 
(FZN)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif