Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: Kemenko Perekonomian
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: Kemenko Perekonomian

Tahap Kedua, RI Kirim 2.000 Tabung Gas Oksigen ke India

Ekonomi Virus Korona Kementerian Perindustrian indonesia-india Ekonomi India covid-19 pandemi covid-19
Husen Miftahudin • 29 Mei 2021 09:45
Jakarta: Indonesia kembali mengirim bantuan berupa tabung gas oksigen ke India untuk penanganan korban pandemi covid-19. Pada tahap dua ini, dikapalkan sebanyak 2.000 tabung gas oksigen dengan kapasitas enam meter kubik (setara 40 liter). Sebelumnya, di tahap pertama sudah dilepas sebanyak 1.400 tabung dari total 3.400 tabung yang akan diberikan.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan langkah pengiriman bantuan tabung oksigen dari Pemerintah Indonesia ke India menjadi simbol kerja sama yang erat dan saling mendukung dalam menghadapi pandemi. India adalah mitra penting Indonesia termasuk dalam penanganan pandemi covid-19.
 
"Kami mengapresiasi kepedulian serta dukungan sektor industri Indonesia, yang beberapa di antaranya memiliki pangsa pasar ekspor di India, dalam merespons arahan Presiden guna menggalang bantuan," ungkap Airlangga, dalam siaran persnya, Sabtu, 29 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menambahkan pengiriman tabung gas oksigen ke India ini merupakan partisipasi dari sektor industri di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa pemerintah memberikan apresiasi kepada asosiasi dan pelaku industri yang terlibat dalam program bantuan kemanusiaan tersebut.
 
"Dengan dikirimkannya bantuan oksigen tahap kedua ini, menunjukkan bahwa Indonesia berkomitmen untuk membantu India dalam menanggulangi pandemi covid-19," tegasnya.
 
Sementara itu, Anggota Dewan Pembina Yayasan Bakti Barito Rudy Suparman yang ikut menyerahkan bantuan ini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan Yayasan Budha Tzu Chi yang telah memfasilitasi bantuan kemanusiaan ini.
 
"Bantuan tersebut merupakan kontribusi bersama komunitas industri dan pelaku usaha di Indonesia. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan dampak dari pandemi covid-19 di negara sahabat kita, India," tutur Rudy.
 
Dia juga berharap, kegiatan sosial yang merupakan wujud kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri ini dapat membantu meringankan dampak pandemi covid-19 yang sedang melanda di India.
 
Adapun rincian daftar partisipasi industri dalam pengiriman bantuan tahap kedua ini adalah sebagai berikut:
 
1. Asosiasi Gas Industri Indonesia dan PT Samator yang telah melakukan koordinasi pengadaan tabung dan isi oksigen untuk 3.400 tabung.
2. Sinar Mas: Pembiayaan 500 tabung.
3. PT Indofood: Pembiayaan 400 tabung.
4. PT Agung Sedayu Group: Pembiayaan 350 tabung.
5. Yayasan Bakti Barito (Covid-19 Relief Bakti Barito): Pembiayaan 350 tabung.
6. PT First Resources: Pembiayaan 350 tabung.
7. PT Inti Sumber Baja Sakti: Pembiayaan 50 tabung.
8. PT Asia Pacific Rayon dan Asosiasi Pertekstilan Indonesia: Pembiayaan pengiriman tabung.
9. PT Indorama Group: bantuan administrasi dan dokumen pengiriman.
10. PT Aneka Gas Industri Tbk: donasi gas oksigen.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif