UMKM mitra binaan Pertamina mengikuti pameran Pasar Senggol Turkiye 2023 di Istanbul, Turki. Foto: Dok istimewa
UMKM mitra binaan Pertamina mengikuti pameran Pasar Senggol Turkiye 2023 di Istanbul, Turki. Foto: Dok istimewa

Bidik Pasar Global, 71 UMKM Ikut Pameran Pasar Senggol di Turki

Eko Nordiansyah • 11 September 2023 19:56
Jakarta: PT Pertamina (Persero) mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaannya agar naik kelas dan mampu bersaing menembus pasar global. Sebanyak 71 UMKM mitra binaan Pertamina ini dibawa untuk menghadiri pameran Pasar Senggol Turkiye 2023 di Istanbul, Turki.
 
Pada Pasar Senggol Turkiye, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina membawa produk UMKM unggulan yang sebagian besar berasal dari sektor kuliner antara lain bumbu rempah, rendang, aneka kerupuk, gula merah, abon, aneka kripik, kopi, mie, dan sambal. 
 
Selain itu, pelaku produk fashion seperti batik dan kain tenun. Produk tersebut berasal dari kota-kota di Indonesia antara lain Bogor, Tangerang, Balikpapan, Palangkaraya, Kepulauan Meranti, Semarang, Situbondo, Payakumbuh dan Jakarta.   

"Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam menghasilkan produk-produk berkualitas dan berdaya saing tinggi. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan agar para pelaku UMKM semakin percaya diri dan tidak perlu ragu untuk memasuki pasar internasional," kata Fadjar dalam keterangan tertulisnya, Senin, 11 September 2023.
 
Fadjar menjelaskan, peran Pertamina adalah untuk meningkatkan kualitas mitra binaan UMKM sehingga dapat menjadi pelaku usaha yang berhasil, salah satunya memperluas konsumen hingga ke mancanegara. 
 
"Pertamina memiliki program UMK Academy, untuk melatih dan mengembangkan produk UMKM sehingga bisa 'naik kelas' dan produknya dapat diterima oleh konsumen lebih luas. Salah satunya melalui pameran luar negeri seperti di Turki ini," jelas Fadjar.
 
Baca juga: Ini Dia Siasat Pertamina Jaga Inflasi Nasional
 

Ajang temu bisnis

Selain pameran produk, kegiatan Pasar Senggol Turkiye juga membuka temu bisnis (business matching), khususnya untuk sektor restoran. Pada ajang ini, UMKM asal Indonesia dapat bertemu beberapa restoran Indonesia yang berada di Turki, seperti Warung Nusantara, Warteg Nuriye, Urip Restoran, Imkonezia Restoran, Bakmi Indonesia, Koali Lounge & Dine, serta Komunitas Pengusaha Indonesia yang berada di Istanbul.
 
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan bahwa ini kedua kalinya BUMN mendorong kegiatan Pasar Senggol. Kegiatan ini juga dinilai memberikan ruang UMKM binaan BUMN untuk menjalin kerja sama dengan pelaku usaha di Turki. 
 
"BUMN memandang bahwa yang terpenting adanya tindak lanjut setelah pameran, adanya kerja sama-kerja sama hingga UMKM Go Global," ujar Arya.
 
Pasar Senggol Turkiye merupakan festival ekonomi dan budaya Indonesia yang diinisiasi oleh Konsulat Jenderal RI Istanbul, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, dan Kementerian BUMN. Pameran ini bertujuan mempromosikan budaya Indonesia dan sebagai wadah pengusaha Indonesia di Turki, terutama pengusaha produk makanan dan kuliner.
 
"Ke depan kegiatan Pasar Senggol Turkiye ini bisa menjadi sarana bagi UMKM Indonesia untuk merambah pasar Turki  dalam rangka UMKM Go Global dalam mendorong ekonomi nasional," ujar Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Istanbul, Turki, Darianto Harsono.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(END)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan