Tambang Freeport Indonesia - - Foto: dok AFP
Tambang Freeport Indonesia - - Foto: dok AFP

Freeport Punya Cadangan Bijih Tembaga 1,8 Miliar Ton

Ekonomi tembaga papua Freeport smelter
Suci Sedya Utami • 15 Oktober 2020 10:29
Jakarta: PT Freeport Indonesia (PTFI) memiliki cadangan bijih tembaga sebanyak 1,8 miliar ton. Posisi tersebut disumbang dari lima lapangan tambang di Papua.
 
Presiden Direktur PTFI Clayton Allen Wenas menyebutkan Grasberg Block Cave memiliki cadangan sebesar 959,2 juta ton, Deep Ore Zone sebesar 29,4 juta ton, Deep Mill Level Zone 428 juta ton, Big Gossan 55 juta ton dan Kucing Liar 339,7 juta ton.

 
"Total sumber daya PTVI di luar cadangan 1,8 miliar ton, ada 2,7 miliar ton sumber daya yang masih bisa dieksplorasi lebih lanjut untuk bisa jadikan cadangan," kata Tony sapaan akrab dirinya, dalam webinar masa depan hilirisasi tembaga Indonesia, Rabu, 14 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika lapangan Kucing Liar ditambang maka dalam jangka waktu enam hingga tujuh tahun mendatang produksi konsentrat PTFI bisa meningkat mencapai 3,5 juta ton. Saat ini PTVI masih memiliki kapasitas produksi dari tambang bawah tanah (underground mining) yang mulai diproduksi pada tahun depan.
 
"Apabila kami tambang Kucing Liar produksi, konsentrat kami akan lebih dari 3,5 juta ton pada enam sampai tujuh tahun mendatang," tutur Tony.

 
Namun kata dia, Lapangan Kucing Liar ini belum akan dikembangkan. Pasalnya PTFI dilarang untuk melakukan ekspor dan seluruh produksi harus diserap oleh pabrik smelter. Di sisi lain, kapasitas produksi pabrik smelter hanya satu juta ton per tahun.
 
Sementara, untuk membangun satu smelter baru tidak cukup ekonomis karena jangka waktunya hanya sekitar lima hingga tujuh tahun dengan produksi konsentrat lebih dari 500 ribu ton per tahun. Jika Kucing Liar dikembangkan, produksi bijih tembaga ini dikhawatirkan tidak akan terserap.
 
"Ini mungkin salah satu pertimbanan kemungkinan tambang Kucing Liar tidak akan kami garap," pungkas Tony.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif