Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Pelaksanaan Vaksinasi Angin Segar bagi Pemulihan Ekonomi

Ekonomi joko widodo Pemulihan Ekonomi Nasional vaksin covid-19
Eko Nordiansyah • 13 Januari 2021 14:57
Jakarta: Pemerintah mulai menjalankan program vaksinasi yang ditandai dengan penyuntikan vaksin Sinovac kepada Presiden Joko Widodo sebagai penerima pertama. Pelaksanaan vaksinasi ini diyakini akan memberikan dampak positif terhadap upaya membantu pemulihan ekonomi nasional.
 
Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan program vaksinasi akan mempercepat terjadinya kekebalan kelompok (herd immunity). Dengan begitu, Piter berharap pandemi covid-19 bisa segera berakhir.
 
"Dengan keyakinan itu pelaku usaha pada umumnya menyambut baik vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Mereka optimis bahwa vaksin akan membantu mempercepat pemulihan ekonomi," kata dia kepada Medcom.id, Rabu, 13 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski begitu, ia mengingatkan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini tidak otomatis menghentikan pandemi. Menurut dia, efektivitas vaksin sangat ditentukan oleh kecepatan pelaksanaan vaksinasi dan kedisiplinan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan.
 
"Tantangannya sekarang bagaimana pemerintah meyakinkan seluruh masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Apalagi ada beberapa tokoh masyarakat yang justru memprovokasi masyarakat untuk tidak percaya kepada vaksin," ungkap dia.
 
Ia menambahkan kondisi ini tentu akan menghambat proses vaksinasi yang akhirnya bisa mengganggu upaya penanggulangan pandemi. Oleh karena itu, berbagai upaya persuasif dari pemerintah diharapkan bisa menyukseskan program vaksinasi.
 
Presiden Jokowi menjadi orang pertama yang disuntik vaksin covid-19. Selanjutnya sejumlah pejabat tinggi negara mulai dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, serta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga divaksin hari ini.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif