Ilustrasi - - Foto: AFP/ Yasuyoshi Chiba
Ilustrasi - - Foto: AFP/ Yasuyoshi Chiba

Inalum Segera Comot Divestasi Saham Vale

Ekonomi bumn vale indonesia inalum
Suci Sedya Utami • 15 Mei 2020 16:41
Jakarta: PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau MIND ID segera mengeksekusi divestasi saham PT Vale Indonesia (NICO). Rencananya kedua belah pihak akan meneken perjanjian dalam waktu dekat.
 
Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan penandatanganan tersebut tergantung pada persetujuan terkait perhitungan nilai atau harga saham yang didivestasikan.
 
"Kita ada rencana penandatanganan di \Mei, tapi tergantung approval internal mereka (Vale) dan kami. Jadi kalau sudah dapat semua ya kita eksekusi," kata Orias dalam virtual conference, Jumat, 15 Mei 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Orias mengatakan pihaknya akan membeli saham Vale dengan perhitungan harga baru meski telah ada kesepakatan harga antara keduanya. Namun dikarenakan situasi yang dinamis akibat covid-19, maka dilakukan penghitungan ulang.
 
"Namun yang pasti sudah ada pembicaraan awal, belum sepakat untuk perubahan harga yang sebelumnya," tutur Orias.
 
Adapun sebagain dana untuk mengambilalih saham vale berasal dari penerbitan obligasi global yang baru saja diterbitkan Inalum. Dari USD2,5 miliar atau setara Rp37,5 miliar yang diterbitkan, sebanyak USD1,5 miliar dialokasikan untuk akuisisi dan refinancing. Kendati demikian, Orias tidak menjabarkan besaran bagian untuk akuisisi saham itu.
 
Lebih lanjut sebagai pemegang saham di perusahaan tambang asal Brasil itu, Inalum akan dapat bagian terhadap dividen yang disetorkan oleh Vale.
 
"Kita sebagai pemegang saham efektifnya kapan dia bagi dividen, ya kita kebagian dong. Tapi kalau enggak salah Vale sudah RUPS, dan sudah bagi dividen untuk tahun lalu," jelas dia.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif