Bank Indonesia (BI). Foto : MI/Usman Iskandar..
Bank Indonesia (BI). Foto : MI/Usman Iskandar..

BI Sulteng Dorong Warga Gunakan Transaksi Nontunai

Ekonomi bank indonesia transaksi non tunai
Antara • 10 Mei 2020 17:30
Palu: Bank Indonesia (BI) mendorong masyarakat dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Tengah terus menggunakan transaksi secara nontunai di tengah pandemi covid-19.
 
Tujuan utamanya agar UMKM di Sulteng tetap hidup di tengah pandemi covid-19 dan mencegah penularan serta penyebaran virus yang pertama kali ditemukan di Tiongkok itu.
 
"BI memberikan pelayanan yang optimal dalam menyediakan sistem pembayaran yang andal dan siap menunjang transaksi nontunai seperti Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), Real Time Gross Settlement (RTGS), dan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS)," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sulteng Abdul Majid Ikram di Palu, Sulteng, dikutip dari Antara, Minggu, 10 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk meningkatkan penggunaan metode transaksi tersebut, ia menyebut BI Sulteng telah menerapkan sejumlah kebijakan.
 
"Membebaskan pengenaan biaya transaksi pemrosesan QRIS dengan menurunakan biaya merchant discount rate sebesar 0 persen bagi pelaku usaha mikro oleh PJSP (perusahaan penyelenggara jasa sistem pembayaran) yang berlaku sejak 1 April sampai 30 September 2020," ujarnya.
 
Kemudian, menurunkan biaya SKNBI dari perbankan ke BI yang semula Rp600 menjadi Rp1 dan dari nasabah ke perbankan dan semula maksimum Rp3.500 menjadi maksimum Rp2.900 yang berlaku sejak 1 April sampai 31 Desember 2020.
 
"Mendukung akselerasi penyaluran dana bansos (bantuan sosial) nontunai pada program pemerintah," terangnya.
 
Selain itu, Majid menjelaskan pihaknya juga melonggarkan kebijakan kartu kredit. Ia berharap kebijakan tersebut dapat terus menghidupi dunia UMKM di tengah pandemi covid-19 di Sulteng yang hingga saat ini tercatat 14 ribu merchant telah memanfaatkan kebijakan itu.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif