Keuntungan promosi secara gratis untuk mendapatkan pembeli menjadi hal penting bagi pelaku UMKM. Salah satunya, pemilik Mie Kocok Bandung Marika. Perempuan paruh baya ini mengaku mendapatkan banyak keuntungan dari keikutsertaannya di BRILiaN Fest 2023. Dia bisa mendapatkan promo gratis dan bisa mengembangkan jaringan.
"Untung kita (dapat) promo tapi tak bayar jadi orang kenal kita," kata Marika.
Dia mengaku omzet saat event besar bisa melebihi omzet harian. Sebagai gambaran omzet saat festival bisa mencapai Rp20 juta sehari. Padahal pada hari biasa bisa mencapai Rp8 juta sampai dengan Rp13 juta per hari.
Pada gelaran BRILiaN Fest 2023, Marika menyiapkan seribu porsi dengan target mencapai omzet Rp50 juta per hari. Namun target itu belum tercapai sampai tadi siang karena masih menunggu antrean.
"Belum tercapai mudahan-mudahan bisa," jelas dia.
Baca juga: Harapan Karyawan BRI di Perayaan HUT ke-128 |
Dia mengaku sudah buka usaha sebanyak 10 gerai sebelum pandemi covid-19 yang tersebar di berbagai tempat seperti Mall Bassura, Kokas, Kelapa Gading dan Plaza Indonesia.
Namun pandemi covid-19 membuat bisnis yang digeluti selama 16 tahun itu, saat ini menyisakan tiga gerai dengan dua diantaranya di Summarecon Mall Bekasi dan Grand Metropolitan Bekasi.
"Sekarang saya juga ikut acara-acara besar seperti Pesta Jajanan Bango. Sempat kepikiran juga mau buka di Jaksel," ujar dia.
Baca juga: Rayakan HUT ke-128 BRI, Lebih dari 50 Ribu Insan BRILiaN Ramaikan GBK |
Pengusaha kuliner lainnya, Farida Maryani (62) yang membuka usaha makanan dengan Cheesries, mendapatkan manfaat mengikuti ajang pameran makanan yang diselenggarakan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Farida Maryani (tengah) merasakan bisnisnya makin moncer sejak mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh BRI (Foto:Medcom.id/Arif Wicaksono)
"Manfaatnya naik kelas, jualan makin laris setelah ikut pelatihan BRI," katanya.
Dia mengatakan awalnya memulai ikut ajang UMKM dari ajang Oke Oce Sandiaga Uno. Kemudian dia mengikuti UMKM binaan BRI pada 2020. Usahanya berkembang dengan mulai mengembangkan bisnis dari toko daring seperti online dan Facebook.
"Saya bangga bisa ikut pagelaran seperti ini, dalam sehari ini sudah laku semua, laris ya harapannya banyak dilibatkan dalam berbagai acara serupa ke depannya," tegas dia.
Dia juga menjual makanan ke beberapa klien seperti Departemen Keuangan, Perpajakan, BRI dan Bank Mandiri dengan sistem katering selain berjualan online.
BRILiaN Fest 2023 merupakan puncak acara dari banyaknya rangkaian kegiatan lain yang telah diselenggarakan dalam rangka HUT ke-128 BRI sebelumnya. Dimulai dengan kick off dan peluncuran logo HUT 128 pada 27 Oktober 2023, dihadiri oleh unit kerja seluruh Indonesia, terutama Regional Office dan Branch Office baik secara langsung maupun online.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News