Penyaluran Beasiswa Cendekia UPZ Pupuk Kaltim. Foto: dok UPZ Pupuk Kaltim.
Penyaluran Beasiswa Cendekia UPZ Pupuk Kaltim. Foto: dok UPZ Pupuk Kaltim.

Pupuk Kaltim Optimalkan Pendayagunaan Zakat Lewat Peningkatan Kapasitas SDM

Husen Miftahudin • 30 November 2022 14:44
Jakarta: Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ Pupuk Kaltim) terus mendukung peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pendidikan, dengan menyalurkan Program Beasiswa Cendekia bagi 273 mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang.
 
Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid mengatakan, Beasiswa Cendekia merupakan wujud pendayagunaan zakat melalui peningkatan kompetensi dan keterampilan masyarakat. Seluruh penerima Program Beasiswa Cendekia periode ini merupakan warga Bontang yang tersebar di 15 kelurahan, dengan total manfaat senilai Rp1,2 miliar.
 
Para penerima merupakan mahasiswa aktif yang kini tengah menempuh perkuliahan di 46 perguruan tinggi negeri dan swasta Indonesia. Seluruhnya telah melalui proses verifikasi berupa tes dan survei menggunakan tools Had Kifayah sesuai rekomendasi Baznas RI, serta mekanisme syarat sesuai prinsip '3A' yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penyaluran beasiswa pun terbagi dalam empat kategori penerima, masing-masing beasiswa Stimulan Belajar bagi 217 mahasiswa, kategori Tugas Akhir untuk 32 mahasiswa, kategori Hafidz Qur'an 18 mahasiswa, dan kategori Prestasi Juara 5 mahasiswa," ujar Nur Sahid dalam keterangan tertulis, Rabu, 30 November 2022.
 
Beasiswa Cendekia merupakan salah satu program unggulan UPZ Pupuk Kaltim dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Kota Bontang, yang sejalan dengan lima pedoman Baznas RI meliputi pendidikan, ekonomi, kesehatan, kemanusiaan, serta dakwah & advokasi.
 
Sejak awal 2020, UPZ Pupuk Kaltim telah menyalurkan zakat bagi 813 mahasiswa untuk jenjang Diploma 3 dan Strata 1 dengan total nilai penyaluran Rp2,78 miliar lebih. Besaran beasiswa pun beragam, berdasarkan komponen penilaian yang disyaratkan sesuai kategori bagi calon penerima.
 
Setiap tahun program ini mendapat antusias tinggi di masyarakat, dibuktikan banyaknya jumlah pendaftar yang kali ini mencapai 361 orang. Seluruhnya melalui tahapan seleksi dan verifikasi, hingga 273 mahasiswa dinyatakan lolos sesuai kriteria.
 
"Para penerima beasiswa UPZ Pupuk Kaltim merupakan mahasiswa yang belum pernah atau tidak terakomodasi pada program beasiswa Pemerintah. Sehingga penyaluran dipastikan tepat sasaran sesuai manfaat, dengan serangkaian seleksi dan verifikasi langsung di lapangan," tambah Nur Sahid.
 
Baca juga: Percepatan Pengembangan SDM Kunci Ekonomi Berkelanjutan

 
Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman mengungkapkan, beasiswa cendekia merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas hidup mustahik melalui pendidikan, agar mampu bersaing dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Sehingga ke depan, para penerima beasiswa memiliki kesempatan kerja lebih luas dari keahlian yang dimiliki serta mampu menjadi muzakki untuk turut memberi manfaat bagi masyarakat.
 
Beasiswa ini bersumber dari dana zakat karyawan Pupuk Kaltim yang setiap bulan terkumpul melalui UPZ, dengan tujuan manfaat sesuai kategori delapan asnaf penerima zakat. Salah satunya berupa bantuan pendidikan, agar mahasiswa penerima bisa menjalankan serta menyelesaikan masa studi untuk meraih sukses di masa datang.
 
"Dengan mencetak generasi berilmu yang terampil, sasaran penyaluran zakat UPZ Pupuk Kaltim diharap mampu memberi dampak serta nilai manfaat yang optimal bagi masyarakat," kata Qomaruzzaman.
 
Dirinya berpesan, agar para mahasiswa penerima beasiswa dapat lebih serius menimba pengetahuan sesuai bidang ilmu masing-masing. Sekaligus memanfaatkan waktu di bangku perkuliahan dengan baik, hingga bisa menyelesaikan masa studi dengan target dan hasil terbaik.
 
Beasiswa ini pun diharap semakin meningkatkan kualitas daya saing sumber daya manusia di Kota Bontang melalui jalur pendidikan formal. "Kami harap para penerima beasiswa terus bersungguh-sungguh dalam belajar. Sehingga ilmu yang dimiliki bisa bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara," pesan dia.
 
Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Bontang Lukman menyampaikan terima kasih atas kontribusi dan peran aktif UPZ Pupuk Kaltim terhadap peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Kota Bontang, melalui beasiswa cendekia yang telah berjalan sejak 2020.
 
Dirinya menilai beasiswa ini wujud sinergi antara pemerintah dan UPZ Pupuk Kaltim dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan. Hal ini pun diharap semakin meningkatkan daya saing SDM lokal, sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat mampu terwujud secara merata.
 
"Kami ucapkan terima kasih atas dukungan UPZ Pupuk Kaltim dalam membangun SDM unggul dan berdaya saing yang sejalan dengan pembinaan karakter dan akhlak. Hal ini kami harap makin berdampak terhadap peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Bontang," ungkap Lukman.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif