SPBU. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
SPBU. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman untuk Nataru

Insi Nantika Jelita • 07 Desember 2022 22:13
Jakarta: Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) dalam kondisi aman selama libur natal dan tahun baru (Nataru). 
 
Pihaknya akan membentuk Satuan tugas (Satgas) mulai 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 untuk mengamankan stok energi tersebut. 
 
Stok BBM dan LPG saat ini dalam kondisi aman dan seluruh infrastruktur telah disiagakan, meliputi 114 Terminal BBM. Lalu, 23 Terminal LPG, lebih dari 7.400 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), 667 Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE), 4.972 Agen LPG, dan 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU).
 
"Pertamina telah menyiapkan stok BBM dalam kondisi cukup saat Nataru. Masyarakat tidak usah khawatir," ujar Alfian dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR RI yang dilansir Media Indonesia, Rabu, 7 Desember 2022. 
 
Baca juga: Pertamina, Shell, Vivo dan BP, Mana Harga BBM Paling Murah? 
 
Pertamina telah mengantisipasi adanya peningkatan kebutuhan BBM yang diprediksi melonjak lima persen di lokasi wisata dan tempat hiburan di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, SPBU dan agen LPG disiagakan 24 jam beroperasi, dihadirkan juga mobil tangki dan motoris Pertamina di jalan tol.
 
"Kami prediksi ada peningkatan demand BBM lima persen. Puncak arus mudik itu di 23-24 Desember. Lalu, 29 dan 30 Desember itu puncak balik," jelas Alfian.
 
Saat ini stok BBM jenis Pertalite di level 16 hari. Pertamina Patra Niaga akan berusaha menahan level tersebut agar stok aman hingga libur Nataru.
 
Dari data Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan selama libur Nataru 2022-2023 sebesar 60,64 juta orang, meliputi sekitar 50,54 juta orang melalui jalur darat, 7,74 juta orang menggunakan jalur udara, Serta 2,07 juta orang menggunakan jalur laut/kapal. 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif