Menara Mitratel. Foto:Telkomsel
Menara Mitratel. Foto:Telkomsel

Tak Lagi Eksklusif untuk Telkomsel, Mitratel Tawarkan Skema Bisnis ke Semua Operator

Annisa ayu artanti • 10 Agustus 2022 18:09
Jakarta: Anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau Mitratel menawarkan skema bisnis atraktif kepada seluruh operator telekomunikasi seiring dengan total jumlah menara yang sudah mencapai hampir 35 ribu menara.
 
"Setelah akuisisi 6.000 menara maka jumlah kepemilikan menara Mitratel sampai 31 Juli 2022 menjadi lebih dari 34.800 menara atau menjadi yang terbesar di Asia Tenggara," kata Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko, dalam keterangan tertulis, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Ia merinci, skema bisnis yang dimaksud adalah solusi total yang terdiri dari tower leasing, connectivity, dan power to tower.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Skema tersebut diyakini atraktif karena berupa tower leasing, connectivity, dan power yang bisa ditawarkan kepada operator telekomunikasi dengan skema bundling dan total solution. Selama ini penggunaan tower hanya eksklusif untuk Telkomsel.
 
Baca juga: Mitratel Bukukan Pendapatan Rp3,72 Triliun di Semester I

"Pengalihan kepemilikan ini memberikan dampak potensi yang sangat besar kepada operator telekomunikasi untuk memperkuat dan memperluas layanannya karena tower-tower tersebut sebelumnya eksklusif hanya untuk Telkomsel dan sekarang dapat dimanfaatkan oleh semua operator dan skema bisnis yang sangat menarik," ujarnya.
 
Teddy melanjutkan, pascaakuisisi menara Mitratel akan meningkatkan tenancy ratio secara agresif dan perluasan layanan termasuk portofolio bisnis pendukung (tower ecosystem) agar dapat menciptakan nilai yang lebih besar bagi pelanggan.
 
Mitratel juga berinisiatif untuk mengimplementasikan marketing analytics dalam aktivitas pemasaran dan penjualan, memanfaatkan solusi small cell untuk 5G, serta memperkuat kemitraan dengan pemilik lahan.
 
"Dengan semakin luas jangkauan dari layanan operator yang memanfaatkan tower Mitratel, maka pada akhirnya akan memacu pemanfaatannya untuk menggerakkan perekonomian nasional, termasuk pengembangan startup dan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia," jelasnya.

 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif