Sembako di Pasar Tradisional. Foto: Medcom.id.
Sembako di Pasar Tradisional. Foto: Medcom.id.

TPID Kaltara Pantau Stabilitas Harga dan Stok Sembako

Ekonomi Inflasi pertanian pangan sembako kalimantan utara
Antara • 27 April 2022 12:49
Tarakan: Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan terus memantau stabilitas harga dan pasokan bahan pokok atau sembako.
 
"Tidak hanya mengenai harga dan ketersediaan bahan pokok, dari sisi keamanan, transportasi, dan kesehatan juga menjadi perhatian," kata Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Kaltara, Rohadi di Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara, dikutip dari Antara, Selasa, 27 April 2022.
 
Rapat yang langsung dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga selaku Ketua Pelaksana Harian TPID Suriansyah tersebut bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai upaya yang dilakukan setiap OPD  guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan bahan pokok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mengenai kesiapan, seluruh OPD di Kaltara ternyata sudah ada yang mempersiapkan dari H-7 hingga H+7,” kata Rohadi.
 
Untuk pasokan bahan makanan, Rohadi menyampaikan Disperindagkop Kaltara sudah mengantisipasi kenaikan harga dengan menggelar pasar murah. Selain itu, Disperindagkop juga akan mengadakan inspeksi di beberapa tempat perbelanjaan yang berada di Kabupaten Nunukan.
 
“Di Nunukan akan diadakan inspeksi/pengawasan ke toko terutama yang menyediakan parsel akan dicek, termasuk makanannya apakah sudah kedaluwarsa atau belum, itu juga dipantau Disperindagkop,” katanya.
 
Demikian halnya kebutuhan bahan pokok. Dari laporan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kaltara dipastikan kebutuhan bahan pokok cukup.
 
“Dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sudah memastikan bahwa untuk stok yang kaitannya dengan produk pertanian itu berkecukupan,” kata Rohadi.
 
Untuk mengantisipasi arus mudik, Dinas Perhubungan Kaltara telah membangun posko pemantauan di beberapa titik seperti pelabuhan, terminal, dan bandara yang ada pada masing-masing kabupaten/kota. Selain itu Dinas Kesehatan juga menyiapkan petugas kesehatan di posko tersebut.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif